kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Usulan mobil baru bebas pajak ditolak, Astra (ASII) berharap tetap ada stimulus


Selasa, 20 Oktober 2020 / 13:46 WIB
Usulan mobil baru bebas pajak ditolak, Astra (ASII) berharap tetap ada stimulus
ILUSTRASI. Secara kumulatif penjualan mobil ASII tercatat hanya 192.217 unit sejak awal tahun hingga September.


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan tidak ada pembebasan pajak bagi mobil baru. Wacana pembebasan pajak ini tadinya diusulkan oleh Menteri perindustrian Agus Gumiwang, dengan tujuan mendongkrak penjualan mobil yang tengah tertekan pandemi Covid-19. 

Head of Investor Relations PT Astra International Tbk (ASII) Tira Ardianti mengatakan pihaknya bisa menerima keputusan pemerintah karena ini juga memberikan kepastian untuk industri, meskipun industri tentunya menginginkan adanya stimulus untuk meningkatkan pasar karena sektor otomotif mengalami penurunan yang cukup besar. 

Dengan kepastian tidak diterapkannya pembebasan pajak mobil baru, lanjut Tira, dampak terhadap penjualan ASII terutama soal kecepatan pemulihan pasar otomotif saja. "Dengan kepastian ini, pelanggan yang tadinya menunggu bisa mulai melakukan pembelian, dan juga tentunya kami akan terus memberikan kemudahan bagi pelanggan agar dapat membantu mobilitas mereka," kata Tira kepada Kontan.co.id, Selasa (20/10). 

Asal tahu saja, pada September 2020 penjualan ASII naik secara bulanan. Namun bila diakumulasi dalam sembilan bulan terakhir, penjualan ASII masih turun bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Baca Juga: Peluang investasi di saham ASII

Penjualan mobil ASII pada September 2020 tercatat sebanyak 25.779 unit, naik 53,81% dibandingkan Agustus 2020 yang mencapai 16.773 unit. Penjualan mobil tersebut terdiri dari lima merek yaitu Toyota, Daihatsu, Isuzu, UD Trucks dan Peugeot. Berdasarkan catatan Kontan, kenaikan pada bulan September 2020 melengkapi tren kenaikan penjualan ASII sejak Juni 2020 lalu. 

Adapun, secara kumulatif penjualan ASII tercatat hanya 192.217 unit, turun dari periode yang sama tahun lalu yang mencapai 396.258 unit. 

Untuk terus menggenjot penjualan, Tira mengatakan ASII senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan dan secara konsisten meluncurkan produk baru yang sesuai tren pasar, seperti belum lama ini meluncurkan model hybrid yaitu Toyota Prius Plug-In Electric Vehicle dan Corolla Cross Hybrid. 

"Selama masa pandemi ini, kami juga berusaha memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pelanggan dengan opsi berbelanja secara online dan melakukan layanan purna jual melalui home service," ujar Tira. 

Baca Juga: Pasar belum pulih, ini cara Astra International (ASII) mendongkrak penjualan mobil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×