kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Usai diakuisisi Mandom (TCID), Alliance Cosmetics raih fasilitas kredit Rp 6 miliar


Rabu, 01 Desember 2021 / 16:56 WIB
Usai diakuisisi Mandom (TCID), Alliance Cosmetics raih fasilitas kredit Rp 6 miliar
ILUSTRASI. Produk perawatan rambut Gatsby yang produksi PT Mandom Indonesia Tbk (TCID).


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen kosmetik, PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) melalui perusahaan yang dikendalikannya, yaitu PT Alliance Cosmetics, terlibat dalam kerja sama perjanjian kredit dengan MUFG Bank, Ltd.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), pada 1 Desember 2021, Alliance Cosmetics menandatangani perjanjian kredit atau clean loan (non resolving) dengan MUFG Bank, Ltd senilai Rp 6 miliar. Adapun kredit yang diperoleh Alliance Cosmectics tersebut memiliki jangka waktu atau tenor 1 tahun.

“Tujuan pemberian fasilitas kredit ini untuk menunjang kebutuhan modal dan kegiatan operasional Alliance Cosmetics,” tulis Alia Dewi, Corporate Secretary Mandom Indonesia dalam keterbukaan informasi BEI, Rabu (1/12).

Fasilitas kredit ini dikenakan suku bunga, provisi, servicing fee, commitment fee, biaya administrasi, dan denda tunggakan sesuai dengan ketentuan bank. Transaksi ini juga bukan merupakan transaksi afiliasi lantaran Alliance Cosmetics tidak memiliki hubungan afiliasi dengan MUFG Bank, Ltd.

Baca Juga: Begini kinerja keuangan Mandom Indonesia (TCID) di kuartal III-2021

 

Manajemen TCID memastikan tidak ada dampak material terhadap kondisi keuangan dan kelangsungan bisnis perusahaan terkait adanya transaksi perjanjian kredit antara Alliance Cosmetics dan MUFG Bank, Ltd.

“Segala hal yang berkaitan dengan perolehan fasilitas kredit merupakan tanggung jawab langsung antara Alliance Cosmetics dengan bank,” pungkas Alia.

Sebagai informasi, TCID mengakuisisi Alliance Cosmetics pada 18 Juni 2021 dengan nilai sebesar Rp 7,77 miliar, sehingga saat ini TCID menggenggam 92,68% saham proses akuisisi. Alliance Cosmetics sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang impor dan distribusi produk kosmetik dan kecantikan.

Asal tahu saja, TCID mengalami penurunan penjualan bersih 10,25% (yoy) menjadi Rp 1,31 triliun per kuartal III-2021. Di saat yang sama, TCID mampu menekan rugi bersih tahun berjalan sebesar 39,19% (yoy) menjadi Rp 45,83 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×