kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,10   12,79   1.41%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

United Tractors (UNTR) Menepis Kabar Akuisisi Archi Indonesia (ARCI)


Selasa, 17 Oktober 2023 / 14:46 WIB
United Tractors (UNTR) Menepis Kabar Akuisisi Archi Indonesia (ARCI)
ILUSTRASI. United Tractors (UNTR) menepis kabar akuisisi saham Archi Indonesia (ARCI).


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT United Tractors Tbk (UNTR) menepis kabar yang berembus bahwa perusahaan tersebut akan melakukan akuisisi saham PT Archi Indonesia Tbk (ARCI) dari Rajawali Group

“Ini (rencana akuisisi) rumor dan tidak benar,” terang Sara K. Loebis Corporate Secretary United Tractors kepada Kontan.co.id, Selasa (17/10).

Sehingga, UNTR memastikan bahwa pemberitaan yang beredar di media massa tersebut adalah tidak benar. UNTR juga senantiasa akan menginformasikan setiap fakta material sesuai ketentuan yang berlaku.

Sebelumnya, UNTR diisukan akan mengakuisisi saham PT Archi Indonesia Tbk (ARCI) dari Rajawali Group. Akuisisi ini santer diberitakan seiring dengan cadangan kas anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) ini yang melimpah.

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham Indeks IDX High Dividend 20 Jelang Musim Dividen Interim

Rumor yang beredar, PT Rajawali Corp tengah membahas rencana divestasi dengan penasihat keuangan. Diperkirakan, Rajawali corp membidik valuasi senilai US$ 1 miliar dari seluruh saham ARCI yang dimiliki, yakni sebanyak 85% dari total saham atau sekitar 21,10 miliar saham.

Di saat yang sama, Corporate Secretary Archi Indonesia Hidayat Dwiputro Sulaksono mengatakan, pihaknya tidak mengetahui adanya informasi atau fakta material yang dapat mempengaruhi nilai efek atau keputusan investasi pemodal.

“Sampai dengan saat ini, ARCI tidak memiliki informasi atau kejadian penting lainnya yang bersifat material dan dapat mempengaruhi kelangsungan hidup serta dapat mempengaruhi harga saham ARCI yang belum diungkapkan kepada publik,” terang Hidayat dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Selasa (17/10).

Baca Juga: Harga Berpotensi Naik Jelang Musim Dingin, Saham Emiten Batubara Menarik Dicermati

Saat ini, UNTR akan memfokuskan untuk mengembangkan aset emas yang sudah dimiliki. ”Saat ini tambang emas United Tractors adalah Martabe dan Sumbawa Juta Raya," kata Sara.

Hingga Agustus 2023, melalui anak usahanya yakni Agincourt Resources, UNTR telah menjual 136.579 Gold Equivalent Ounces (GEOs) emas. Realisasi ini menurun 29% dari realisasi penjualan emas di periode yang sama tahun lalu yang mencapai 192.474 GEOs emas.

Di periode Agustus 2023 sendiri, Agincourt Resources menjual 10.000 GEOs emas, menurun 41,17% dari penjualan emas di periode Juli 2023 sebesar 17.000 GEOs emas. Penjualan emas di periode Agustus merupakan yang terendah sepanjang 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×