kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.521.000   11.000   0,73%
  • USD/IDR 15.656   -53,00   -0,34%
  • IDX 7.788   -1,42   -0,02%
  • KOMPAS100 1.207   0,14   0,01%
  • LQ45 955   0,37   0,04%
  • ISSI 235   -0,75   -0,32%
  • IDX30 493   0,55   0,11%
  • IDXHIDIV20 587   -1,48   -0,25%
  • IDX80 137   -0,05   -0,03%
  • IDXV30 143   -0,04   -0,03%
  • IDXQ30 163   -0,09   -0,06%

Unilever (UNVR) Kantongi Laba Rp3 Triliun hingga September 2024


Rabu, 23 Oktober 2024 / 18:16 WIB
Unilever (UNVR) Kantongi Laba Rp3 Triliun hingga September 2024
ILUSTRASI. Benjie Yap, Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk.


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) merilis hasil kinerja bisnis Year to Date (YTD) hingga September 2024, di mana perusahaan mencatatkan laba positif di tengah pasar yang sangat kompetitif.

Pencapaian ini menunjukkan kemampuan Unilever untuk bertahan dan tetap tumbuh meski menghadapi tantangan ekonomi dan industri yang ketat.

Dalam laporannya terungkap bahwa Penjualan Bersih sebesar Rp27,4 triliun, dan menghasilkan Laba Bersih sebesar Rp 3 triliun pada YTD September 2024, Kabar baiknya ⁠Pangsa pasar Unilever Indonesia relatif stabil selama tahun 2024 berjalan.

Baca Juga: Perusahaan FMCG Bisa Jadi Pemimpin Pasar Jika Konsisten Lakukan Inovasi Produk

Direktur Utama PT Unilever Indonesia Tbk, Benjie Yap menegaskan pentingnya langkah-langkah pemulihan yang telah diambil oleh Perseroan.

"Dari hasil kinerja tahun berjalan ini terlihat bahwa kami sedang menavigasi situasi penuh tantangan, dan kami memahami dengan jelas langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasinya. Sembari terus beradaptasi pada lanskap pasar yang terus berkembang pesat, kami tetap fokus menghasilkan inovasi yang berkualitas dan konsisten untuk konsumen kami," ujarnya melalui keterangan resmi Rabu (23/10).

Selain itu, Benjie menambahkan bahwa Unilever terus melakukan penyesuaian yang diperlukan, baik dalam hal inovasi produk maupun efisiensi operasional.

"Kami sedang dalam tahap melakukan penyesuaian yang diperlukan, mulai dari menyempurnakan ragam produk untuk konsumen, hingga memperkuat efisiensi operasional kami; dengan menggunakan perspektif jangka panjang sebagai panduan. Meskipun diperlukan waktu untuk melihat dampak dari penyesuaian ini, saya yakin dengan kemampuan yang kami miliki untuk memulihkan dan menumbuhkan kinerja. Perseroan berkomitmen untuk bangkit lebih kuat, lebih tangguh, dan siap untuk meraih peluang masa depan," tambahnya.

Baca Juga: X Keluarkan Unilever Dalam Gugatan Antimonopoli Iklan

Sementara itu, sejumlah analis telah memperbarui target harga saham UNVR menjelang rilis laporan keuangan kuartal III/2024.

Berdasarkan data dari Bloomberg Terminal, mayoritas analis menyarankan untuk menahan saham Unilever, dengan target harga 12 bulan ke depan dipatok pada Rp2.519 per saham, yang mencerminkan potensi return sebesar 8,6% dari harga penutupan saham UNVR pada Rp2.320 per 22 Oktober 2024.

Di tengah tantangan penurunan laba pada semester pertama, sejumlah analis juga memproyeksikan peningkatan laba hingga 2026, seiring dengan efisiensi operasional dan peningkatan permintaan di segmen-segmen kunci seperti perawatan pribadi, produk rumah tangga, dan makanan.

Proyeksi Bloomberg menunjukkan bahwa penjualan Unilever pada 2024 diperkirakan mencapai Rp36,83 triliun dan akan tumbuh menjadi Rp38,27 triliun pada 2025, didukung oleh peluncuran produk-produk baru yang menarik minat konsumen lokal, serta peningkatan permintaan dari industri katering dan perhotelan.

Baca Juga: Unilever Telah Jual Bisnisnya di Rusia ke Arnest Group

Analis juga memperkirakan laba operasional UNVR akan tumbuh 3% secara tahunan hingga 2026, didorong oleh penurunan harga input dan peningkatan skala ekonomi, yang diproyeksikan akan menghasilkan margin operasi sebesar 17,4% pada 2026, naik 70 basis poin dari tahun 2023.

Dengan capaian profit positif hingga September 2024, serta strategi yang berfokus pada peningkatan daya saing, efisiensi biaya, dan inovasi produk, PT Unilever Indonesia Tbk optimistis dapat terus tumbuh di tengah tantangan pasar yang semakin kompetitif dan siap menghadapi peluang di masa depan.

Selanjutnya: Menghitung Potensi Keuntungan dari Rebranding Aspirasi Hidup Indonesia (ACES)

Menarik Dibaca: Prakiraan Cuaca Jakarta Besok (24/10): Cerah Berawan dan Berawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet

[X]
×