kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Turun tipis, harga emas spot masih berada di atas US$ 1.500


Rabu, 18 September 2019 / 07:49 WIB

Turun tipis, harga emas spot masih berada di atas US$ 1.500
ILUSTRASI. Harga Emas

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas turun setelah kemarin sempat menguat. Selasa (18/9) pukul 7.35 WIB, harga emas untuk kontrak Desember 2019 di Commodity Exchange berada di US$ 1.509,30 per ons troi.

Harga emas berjangka ini turun 0,27% ketimbang harga penutupan kemarin pada US$ 1.513,40 per ons troi. Kemarin, harga emas berjangamencapai level tertinggi dalam tujuh hari perdagangan terakhir.

Hal serupa juga terjadi pada harga emas spot. Meski turun tipis, harga emas spot masih berada di atas level US$ 1.500 per ons troi sejak kemarin.

Baca Juga: Pergerakan pasar keuangan Indonesia masih bertumpu pada sentimen eksternal

Pagi ini, harga emas spot turun tipis 0,01% ke US$ 1.501,28 per ons troi. "Pasar emas relatif stabil dan perhatian saat ini tertuju pada pertemuan Federal Reserve hari ini sehingga para trader sedikit menunggu," kata Craig Erlam, analis senior OANDA kepada Reuters.

Erlam mengatakan bahwa harga emas menguat setelah serangan akhir pekan, tapi tidak menembus US$ 1.520 per ons troi. "Ini menunjukkan bahwa harga emas masih cenderung rentan, dengan support kuat pada US$ 1.480 per ons troi," kata dia.

Baca Juga: Harga emas masih melanjutkan koreksi hingga sore ini

Federal Open Market Committee (FOMC) yang berakhir hari ini diperkirakan memangkas suku bunga acuan sebesar 25 basis point. Ini akan menjadi pemangkasan kedua sejak krisis finansial 2008.

Jika The Fed melonggarkan kebijakan moneter, tekanan serupa akan menimpa Bank of Japan yang akan mengumumkan kebijakan moneter besok.

Stephen Innes, strategist AxiTrader mengatakan bahwa harga emas masih positif selama berada di sekitar US$ 1.500 per ons troi.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati
Editor: Wahyu Rahmawati
Video Pilihan


Close [X]
×