kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,57   -1,15   -0.13%
  • EMAS1.365.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Turun Gunung, SD Darmono Kembali Jabat Dirut Jababeka (KIJA)


Senin, 01 Juli 2024 / 13:48 WIB
Turun Gunung, SD Darmono Kembali Jabat Dirut Jababeka (KIJA)
ILUSTRASI. Dok. Maizal - Chairman and Founder Jababeka Group Setyono Djuandi Darmono dalam acara Menggali Potensi Bisnis Start Up pada sektor pariwisata di Jakarta pada Selasa (27/3). Jababeka Group Berencana Tambah Investasi RP 9 Triliun untuk KEK Tanjung Lesung


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pendiri PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Duandji Darmono turun gunung. Meski sudah menduduki jabatan sebagai Komisaris Utama (Komut) dalam beberapa tahun terakhir tetapi perseroan kembali menunjuknya untuk menjadi Direktur Utama (Dirut) yang baru.

Posisi Komut KIJA digantikan oleh mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT) Suhardi Alius. Purnawirasan Polri ini sekarang juga tercatat menjadi Komut di PT Taspen (Persero).

Keputusan ini disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS/Rapat) Tahunan Tahun Buku 2023 pada hari Jumat, (28/06). Bertempat di President Lounge, Menara Batavia Lantai Dasar, Jl. KH Mas Mansyur kav. 126, Jakarta Pusat. 

Penunjukan SD Darmono, menurut manajemen adalah bentuk dari komitmen dari perseroan agar bisa segera menyelesaikan berbagai permasalahan yang akan dihadapi perusahaan. Baik itu tantangan ekonomi maupun geopolitik. 

Baca Juga: Jababeka (KIJA) Yakini Minat Investor Asing Kian Meningkat

Menurutnya saat ini, posisi keuangan perseroan sangat sehat dimana jumlah ekuitas yang sebesar Rp 6,9 triliun. Nilainya jauh diatas total jumlah pinjaman perseroan yang kurang lebih sebesar Rp 4,4 triliun.

Namun dengan melihat situasi ekonomi saat ini dan ke depan jumlah hutang tersebut masih membebani perusahaan jika tidak diimbangi oleh penjualan yang cukup dari land bank sekitar Rp 7,6 triliun, padahal nilai pasar berkisar Rp 21,6 triliun,” jelas Darmono dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan, Senin (01/07).

Untuk mengatasi permasalahan diatas, maka perseroan akan melakukan sejumlah strategi, salah satunya adalah rencana right issue. Modal dasar Perseroan perlu ditingkatkan untuk memberikan kesiapan bagi Perseroan jika di masa mendatang Perseroan akan melakukan rencana right issue sehingga modal dasar Perseroan telah mencukupi.

Adapun tujuan rencana right issue di masa mendatang tersebut adalah untuk mengurangi jumlah hutang," ungkap manajemen. 

Berikut susunan Dewan Komisaris dan Direktur Jababeka yang baru: 

Dewan Komisaris

Komisaris Utama/Komisaris Independen : Drs. Suhardi Alius, MH

Komisaris : Gan Michael

Komisaris/Komisaris Independen : Basuri Tjahaja Purnama

Direksi

Direktur Utama : Setyono Djuandi Darmono

Wakil Direktur Utama : Budianto Liman

Direktur : Tjahjadi Rahardja

Direktur : Hyanto Wihadhi

Selanjutnya: Promo Alfamart Paling Murah Sejagat, Sampo Diskon Jadi Rp 16.000-an

Menarik Dibaca: Promo Alfamart Paling Murah Sejagat, Sampo Diskon Jadi Rp 16.000-an

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×