kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Tunjangan hari raya dongkrak bisnis perhiasan Hartadinata


Minggu, 24 Juni 2018 / 14:47 WIB
Tunjangan hari raya dongkrak bisnis perhiasan Hartadinata
ILUSTRASI. Peluncuran koleksi perhiasan Hartadinata Abadi


Reporter: Harry Muthahhari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Musim lebaran memang identik dengan meningkatnya daya beli masyarakat karena adanya tunjangan hari raya (THR) turut berimbas pada bisnis perhiasan. Sebab, sebagian masyarakat ada yang memanfaatkan momen itu untuk membeli perhiasan.

Salah satu perusahaan yang berbisnis perhiasan, PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) di tahun ini ikut merasakan manisnya bisnis perhiasan. Persis semenjak musim THR penjualan perhiasan naik hingga 100%. “Bahkan bisa sampai tiga kali lipat,” kata Corporate Secretary PT Hartadinata Abadi Tbk M Ath Thariq kepada Kontan.co.id, Jum’at (22/6).

Tapi, kata Thariq, hal itu berbanding terbalik ketika sebelum memasuki bulan puasa. Ia menduga karena masyarakat lebih banyak membutuhkan uang, trennya masyarakat cenderung menjual perhiasan. Oleh karenanya, penjualan sedikit turun saat itu.

Hingga saat ini, 90% dari total pendapatan HRTA masih berasal dari penjualan perhiasan dalam bentuk grosir. Kontribusi penjualan perhiasan melalui ritel baru berkontribusi 10%. 

Menurut Thariq, kedua lini bisnis baik dari grosir dan ritel meningkat sama baiknya saat musim lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×