kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.439.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.405   30,00   0,19%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Tren Investasi Digital Naik, 67% Masyarakat Indonesia Berencana Investasi Tahun Depan


Minggu, 01 September 2024 / 21:00 WIB
Tren Investasi Digital Naik, 67% Masyarakat Indonesia Berencana Investasi Tahun Depan
ILUSTRASI. OneAset adalah suatu platform investment hub yang memberikan one stop solution untuk keperluan investasi masyarakat Indonesia. Tren investasi digital di Indonesia terus menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren investasi di Indonesia terus menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun. KSEI mencatat peningkatan jumlah investor pasar modal mencapai 11% year to date (ytd), dari 12,17 juta investor pada tahun 2023 menjadi 13,45 juta investor sampai dengan 9 Agustus 2024. 

Di tengah pertumbuhan positif tren investasi ini, generasi muda menyumbang peran besar dengan data KSEI yang menunjukkan bahwa 54,96% investor individu berusia di bawah 30 tahun. 

Di tengah era digital saat ini, perusahaan riset Populix mengadakan sebuah studi untuk mengulas lebih lanjut bagaimana akselerasi digital turut mendorong pertumbuhan tren investasi di Indonesia. 

Dalam laporan yang berjudul “Unlocking Insights into Digital Investment Trends”, ditemukan bahwa 47% responden percaya investasi digital dapat lebih menguntungkan dibandingkan investasi secara konvensional, seperti tabungan dan deposito. 

“Peningkatan tren investasi digital membutuhkan dukungan tidak hanya dari platform investasi yang terpercaya, tetapi juga dari literasi keuangan, khususnya terkait aktivitas investasi. Dengan pemahaman yang lebih komprehensif, semakin banyak orang akan merasa percaya diri untuk mengeksplorasi investasi digital. Penyederhanaan konsep investasi yang kompleks tentunya juga akan mendorong inklusi keuangan yang lebih luas, memungkinkan lebih banyak orang membuat keputusan yang tepat sesuai dengan tujuan keuangan mereka di era ekonomi digital saat ini,” ujar Dr. Timothy Astandu, Co-Founder dan CEO Populix dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kontan, belum lama ini. 

Baca Juga: Hanya 98 Pinjol Legal Resmi Terdaftar OJK Agustus 2024, Jauhi Nama Pinjol Ilegal Ini

Lebih lanjut, mayoritas (55%) responden memiliki pemahaman mendasar seputar investasi digital, terutama pada instrumen reksa dana dan saham. Namun, studi ini memperlihatkan polaritas pemahaman di kalangan responden terhadap perbedaan antara investasi digital dan konvensional, seperti tabungan atau deposito. 

Sementara 42% responden telah memiliki pemahaman yang jelas tentang perbedaannya, 44% responden mengaku masih memiliki pengetahuan yang terbatas, dan 14% responden tidak mengetahui perbedaannya sama sekali.

Lalu, sebanyak 89% responden menyatakan bahwa mereka memahami risiko investasi digital - dengan tingkat pengetahuan yang berbeda-beda - dan cara untuk mengelola risiko tersebut, terutama di kalangan responden laki-laki yang sudah bekerja, tinggal di Jabodetabek dengan SES menengah ke atas. 

Namun, masih terdapat kesenjangan pengetahuan yang cukup besar dalam hal mengukur kesuksesan investasi digital, dengan 49% menyatakan hanya memiliki sedikit pemahaman dan 18% yang menyatakan sama sekali tidak memahami bagaimana cara mengukur kesuksesan investasi digital.

“Studi kami memperlihatkan bahwa kesadaran akan peraturan dan pengawasan terkait investasi digital di Indonesia sangat bervariasi di antara responden. Hampir setengahnya memahami dan familier dengan peraturan tersebut, menunjukkan pemahaman yang kuat tentang regulasi yang berlaku di Indonesia. Sementara itu, kurang dari setengahnya pernah mendengar tentang peraturan, tetapi tidak memiliki pengetahuan mendalam dan sebagian kecil sama sekali tidak mengetahui peraturan apa pun yang terkait," ujar Timothy. 

Sebesar 90% responden mengaku mencari terlebih dahulu informasi seputar investasi digital sebelum mereka memulai berinvestasi. Tujuh dari sepuluh responden mencari informasi terkait pasar modal dan investasi selama beberapa kali dalam sebulan. 

Laki-laki, mereka yang bekerja, dan mereka yang berasal dari kelas menengah atas cenderung lebih sering mengakses informasi ini. Sebaliknya, perempuan lebih jarang atau bahkan hampir tidak pernah mencari informasi terkait investasi.

Setengah dari responden yang disurvei percaya dengan transparansi dan keamanan investasi digital. Tingkat kepercayaan ini menunjukkan persepsi yang positif terhadap kemampuan platform digital untuk menjaga dan memberikan informasi yang jelas terkait praktik berinvestasi.

Responden memutuskan untuk berinvestasi secara digital utamanya karena kenyamanan untuk melakukan transaksi kapan pun dan di mana pun. Selain itu, kemampuan untuk berinvestasi dengan modal rendah juga menjadi alasan mengapa responden tertarik untuk berinvestasi secara digital.

Di sisi lain, responden mengungkapkan kekhawatiran tentang stabilitas dan keberlangsungan bisnis platform investasi. Mereka khawatir akan kemungkinan kebangkrutan atau masalah operasional platform tempat mereka berinvestasi, serta volatilitas dan fluktuasi pasar. Hal-hal ini menjadi faktor yang menghambat mereka dalam memulai investasi.

Mayoritas responden (67%) sudah berencana untuk berinvestasi digital di tahun depan, karena investasi digital dipandang sebagai cara praktis untuk mendapatkan keamanan finansial dan meningkatkan pendapatan, bahkan dengan modal yang minimal. 

Sebanyak 74% di antaranya menyediakan anggaran modal investasi hingga Rp 5 juta, di mana 33% di antaranya memiliki anggaran kurang dari Rp 1 juta.

Adapun rencana investasi ini bertujuan sebagai dana darurat (68%), pendapatan tambahan (61%), pembelian aset seperti rumah, kendaraan, dll (48%), dana pensiun (46%), dana pendidikan (40%), dan diversifikasi portofolio investasi (25%).

Sementara itu, satu dari tiga responden menyatakan masih ragu dalam menggunakan investasi digital terutama karena kurangnya pengetahuan tentang investasi digital dan khawatir akan risiko kerugian modal.

Baca Juga: Pendapatan Korporasi Menurun, Sinyal Kondisi Ekonomi Indonesia Tidak Baik-Baik Saja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×