kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tren harga sedang turun, saham WSKT dapat sentimen positif, apakah layak beli?


Selasa, 21 September 2021 / 07:52 WIB
Tren harga sedang turun, saham WSKT dapat sentimen positif, apakah layak beli?
ILUSTRASI. Tren harga sedang turun, saham WSKT dapat sentimen positif, apakah layak beli?


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Harga saham WSKT dalam tren turun sepanjang tahun 2021 ini. Kini saham WSKT mendapat sentimen positif. Apakah kini sudah saatnya membeli saham WSKT?

WSKT adalah kode saham dari emiten PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Pada perdagangan Senin (20/9), saham WSKT ditutup melemah 3,59% ke harga Rp 805 per saham.

 

Sejak awal tahun 2021, harga saham WSKT terus melemah. Pada awal tahun 2021, harga saham WSKT dibuka di level 1.500. Lalu harga saham WSKT sempat tren naik hingga menembus level tertinggi 1.920 pada 19 Januari 2021. tapi setelah itu terus merosot.

Baru-baru ini, Waskita Karya berhasil bernegosiasi dengan 21 bank dan mendapatkan dukungan penuh pada proses restrukturisasi utang Waskita Induk dengan total fasilitas kredit sebesar Rp 29,2 triliun atau 100% dari total utang yang direstrukturisasi. Per Juni 2021, total liabilitas WSKT jangka pendek senilai Rp 48,55 triliun.

Analis Panin Sekuritas, Restu Pamungkas mengatakan restrukturisasi utang yang dilakukan oleh WSKT cukup positif. Mengingat, sejauh ini kinerja WSKT turut terdampak adanya pandemi Covid-19.

Hal ini tercermin dari beberapa segmen seperti jasa konstruksi yang turun 43,3%, kemudian penjualan precast menyusut 20,4%, dan pendapatan properti ambles hingga 83,7% selama paruh pertama tahun 2021.

Marjin beban keuangan juga terlihat meningkat menjadi 41,4% di semester pertama tahun ini ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya berada di 25,1%. “Adanya restrukturisasi utang ini menjadikan kinerja WSKT ke depannya masih bisa bertahan di 2021,” kata Restu ketika dihubungi Kontan, Senin (20/9).

Baca Juga: Harga komoditas energi naik, simak rekomendasi saham emiten minyak dan gas berikut

Secara bottom line, kinerja emiten berkode saham WSKT berhasil membalik posisi rugi menjadi laba senilai Rp 41 miliar pada semester pertama tahun ini, pada periode yang sama tahun lalu emiten ini masih menanggung rugi bersih senilai Rp 1,1 triliun.

Hal ini terdorong dari adanya nilai divestasi anak usaha jalan tol yang dilakukan WSKT di kuartal 2 lalu senilai Rp 2,0 triliun.

Menurut Restu, keberhasilan perusahaan dalam mendivestasikan jalan tol juga menjadi sentimen positif untuk WSKT. Lebih lanjut ia memproyeksikan, kinerja WSKT tahun ini akan tetap terjaga di level positif, tak lepas dari efek dari optimisme WSKT dalam melakukan divestasi 6-7 ruas jalan tol yang akan dilakukan di paruh kedua tahun ini.

Selain itu, sentimen positif lainnya datang dari pelonggaran PPKM akan membuat kinerja dari proyek-proyek garapan WSKT dapat berjalan dan diselesaikan. Hanya saja, Restu melihat kinerja WSKT masih akan tertekan di kuartal ketiga tahun ini akibat adanya pengetatan PPKM.

Baca Juga: Kinerja makin oke, berikut rekomendasi saham Surya Citra Media (SCMA)

Dilihat dari valuasinya, Restu bilang saham WSKT masih murah, nilai PBV sekarang masih di level 1,43 kali jika dibandingkan dengan rata-rata 5 tahunnya sebesar 1,8 kali. “Rekomendasi kami under review, melihat realisasi pencapaian divestasi anak usaha di semester kedua tahun ini,” pungkasnya.

Itulah rekomendasi saham saham WSKT untuk trading hari ini, Selasa 21 September 2021. Ingat, disclaimer on, segara risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Selanjutnya: Prediksi IHSG hari Selasa (21/9) terkoreksi lagi, untuk trading cermati 6 saham ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×