kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tips alokasi investasi dan dana darurat di tengah ketidakpastian ekonomi


Rabu, 23 Juni 2021 / 22:35 WIB
Tips alokasi investasi dan dana darurat di tengah ketidakpastian ekonomi
ILUSTRASI. Tips alokasi investasi dan dana darurat di tengah ketidakpastian ekonomi


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketidakpastian ekonomi semakin mengkhawatirkan seiring kasus Covid-19 yang terus tembus rekor. Perencana keuangan menyarankan masyarakat untuk menambah dana darurat atawa kas. Sementara, manajer investasi menyarankan diversifikasi investasi. 

Gelombang ke-2 Covid-19 membuat ketidakpastian arah ekonomi semakin nyata.  Perencana Keuangan sekaligus Founder Finansia Consulting Eko Endarto menyarankan di tengah kondisi yang serba tidak pasti ini, baiknya masyarakat memperbanyak dana darurat.

"Ke depan tidak tahu apa yang akan terjadi dan kebutuhan bisa berubah, dana kas itu penting," kata Eko, Rabu (23/6). 

Dana kas yang masyarakat siapkan idelnya bisa memenuhi minimal tiga sampai enam kali pengeluaran bulanan. Jika dana darurat sudah dipenuhi, Eko menyarankan masyarakat bisa melunasi lebih cepat utang konsumtif. Tentunya, agar beban keuangan ke depan akan lebih ringan. 

Baca Juga: Sarana Multigriya Finansial (SMF) meraih sertifikasi ISO 9001:2015

Jika dana kas dan utang sudah dialokasikan, Eko melanjutkan, masyarakat bisa tetap berinvestasi. Namun, di tengah krisis ekonomi saat ini, baiknya masyarakat memilih instrumen investasi yang stabil, seperti emas, obligasi ritel, maupun reksadana pendapatan tetap yang berbasis obligasi pemerintah. 

Sebaliknya, masyarakat Eko sarankan mengurangi investasi di aset yang berisiko tinggi seperti saham dan aset kripto serta properti yang memiliki likuiditas rendah. 

Direktur Panin Asset Management Rudiyanto mengatakan dalam kondisi yang masih mengkhawatirkan, ia menyarankan untuk tetap diversifikasi portofolio investasi.

"Tidak semua investor memiliki kemampuan yang baik dalam membaca arah pasar dan melakukan market timing, sehingga diversifikasi investasi penting," kata Rudiyanto. 

Baca Juga: Kenali Berbagai Bentuk Hoax Agar Tidak Terjebak Olehnya




TERBARU

[X]
×