kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.010,68   -0,95   -0.09%
  • EMAS957.000 -0,52%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Tingkat Kunjungan Mal Kembali Turun, Ini Harapan Ciputra Development (CTRA)


Senin, 14 Februari 2022 / 08:15 WIB
Tingkat Kunjungan Mal Kembali Turun, Ini Harapan Ciputra Development (CTRA)


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia sudah mulai berdampak pada kunjungan masyarakat ke pusat perbelanjaan atawa mal. Hal tersebut juga dirasakan perusahaan properti PT Ciputra Development Tbk (CTRA).

Direktur CTRA Harun Hajadi mengatakan, jika penurunan tingkat kunjungan ini berkepanjangan maka akan menimbulkan dampak lainnya.

“Belakangan ini dengan meningkatnya kasus Covid-19, mal kami sudah melihat penurunan yang cukup berarti. Secara persentase penurunan tingkat kunjungan sekitar 25%,” kata Harun kepada Kontan.co.id, Minggu (13/2).

Dia melanjutkan, jika hal ini berkepanjangan atau terjadi lebih dari 3 bulan, maka dampak lain pun akan terjadi. Yakni, bisa menimbulkan penutupan sejumlah tenant.

Kendati demikian, sejauh ini Harun menjelaskan, belum ada laporan tenant yang menutup kiosnya akibat dampak dari lonjakan kasus Covid-19.

Baca Juga: Insentif PPN DTP diperpanjang, Ciputra Development (CTRA) Yakin Dongkrak Penjualan

Sebagai informasi, Ciputra merupakan emiten properti yang memiliki portofolio bisnis beragam. Dari segmen mal, CTRA mengelola Ciputra World Jakarta 1, Mal Ciputra Jakarta, Mall Ciputra World Surabaya, Mal Ciputra Semarang, dan Mal Ciputra Semarang.

Di tahun ini, CTRA belum memiliki perencanaan untuk menambah proyek dari segmen mal ataupun lakukan transformasi dari mal yang sudah ada.

Menanggapi pemberian diskon terhadap sewa tenant, Harun menilai bahwa pemberlakuan diskon tersebut tergantung situasi. Level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan lokasi mal menjadi pertimbangan CTRA dalam pemberian diskon.

Seperti diketahui, saat pemberlakuan PSBB di tahun 2020 silam, CTRA sempat memberikan diskon sewa bagi para penyewa sebesar 50%. Diskon tersebut perlahan dikurangi seiring dengan pulihnya tingkat kunjungan sebesar 30%, kemudian diskon tersebut dicabut yakni biaya sewa kembali menjadi 100% setelah PPKM diberlakukan.

Menghadapi tahun 2022, CTRA pun masih fokus dalam pengembangan proyek dari segmen rumah hunian. Berdasarkan catatan Kontan.co.id, di tahun ini, CTRA akan menggarap 5 proyek rumah hunian seiring dengan  membaiknya prospek properti terutama pada pasar rumah tapak.

 

 

Lima proyek baru CTRA yang akan diluncurkan di tahun 2022 adalah dua proyek di Medan dan sekitarnya, satu di Jabodetabek, satu di Surabaya dan satu lagi berlokasi di Jawa Tengah.

Sekedar mengingatkan, di tahun lalu, CTRA meluncurkan 3tiga proyek baru dan 14 cluster baru di proyek eksisting. Berdasarkan jenis produk, segmen rumah tapak tetap menjadi produk yang diminati oleh para pembeli dimana segmen tersebut menyumbang 82% dari total marketing sales dengan kenaikan sebesar 22%.

Adapun penjualan CTRA selama tahun 2021 disokong oleh kontribusi dari proyek CitraLand Gama City Medan, CitraLand Kota Deli Megapolitan Helvetia, CitraLand Surabaya, CitraRaya Tangerang, CitraLand Puncak Tidar Malang. Dimana, CitraLand Gama City Medan menjadi kontributor marketing sales terbesar CTRA di tahun 2021 sekitar Rp 900 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×