kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tiga Akses Baru Tol Becakayu Beroperasi, Waskita Catat Kenaikan Volume Lalu Lintas


Rabu, 05 Oktober 2022 / 17:42 WIB
Tiga Akses Baru Tol Becakayu Beroperasi, Waskita Catat Kenaikan Volume Lalu Lintas
ILUSTRASI. PT Waskita Toll Road (WTR), anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk mengoperasikan tiga akses baru tol Becakayu.


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Waskita Toll Road (WTR), anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) telah mengoperasikan tiga akses baru pada jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Tiga akses baru tersebut adalah On Ramp Prumpung, On Ramp Casablanca, dan Seksi 1A Koneksi Jalan Tol Wiyoto-Wiyono Sisi Timur.

Sejak dioperasikan pada Jumat (30/9), volume lalu lintas pada jalan tol Becakayu mencatatkan peningkatan. Sebelum pengoperasian tiga akses baru, volume Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) tol Becakayu pada bulan Januari 2022 hingga September 2022 adalah sejumlah kurang lebih 19.000 kendaraan.

Lalu, dalam kurun waktu yang cukup singkat pasca pengoperasian, volume LHR pada tanggal 3 Oktober 2022 mencapai kurang lebih 27.000
kendaraan. Dengan kata lain, volume LHR meningkat hampir 42%.

Baca Juga: Waskita Toll Road Operasikan 3 Akses Ruas Tol Becakayu

Aris Mujiono, Direktur Utama PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM), Badan Usaha Jalan Tol yang dimiliki WTR menyampaikan, pengoperasian ketiga akses baru tersebut telah memberikan banyak manfaat bagi pengguna jalan dalam mempersingkat waktu perjalanan, khususnya bagi penduduk yang berdomisili di wilayah Jakarta Timur, Bekasi, dan sekitarnya.

"Ke depannya, perusahaan berharap volume LHR akan terus meningkat dan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi para pengguna jalan," ucap Aris dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/10).

Direktur Utama WTR Rudi Purnomo menambahkan, tol Becakayu merupakan salah satu jalan tol yang menerima dana Penyertaan Modal Negara (PMN) akhir tahun 2021 lalu. Berkat PMN yang diterima, WTR dapat mempercepat penyelesaian konstruksi jalan tol existing hingga titik tertentu.

"Perusahaan berharap ke depannya pengerjaan konstruksi tol dapat terus berjalan dengan lancar agar dapat memberikan jalan tol terintegrasi yang memiliki manfaat dan nilai tinggi, baik di mata masyarakat maupun investor,” tutur Rudi.

Sebagai informasi, Jalan Tol Becakayu memiliki total panjang hingga 16,78 kilometer. Saat ini, sepanjang 11,90 kilometer telah beroperasi.

Baca Juga: Menilik Strategi Bertahan Waskita Karya di Tengah Kenaikan Harga Material Bangunan

Adapun seksi 2A dan 2A Ujung (Casablanca-Marga Jaya) sepanjang 4,88 kilometer telah menyelesaikan tahap Uji Laik Fungsi dan Uji Laik Operasi (ULF-ULO) pada September 2022. Seksi tersebut ditargetkan dapat beroperasi paling lambat pada akhir tahun ini.

Seiring dengan rencana pengoperasian tersebut, diharapkan jalan tol Becakayu dapat menjadi solusi dalam mengurangi kemacetan lalu lintas serta memangkas waktu tempuh dari Kampung Melayu menuju Bekasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×