kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tertarik investasi emas digital? BBJ: Pastikan legalitasnya


Senin, 24 Agustus 2020 / 22:06 WIB
Tertarik investasi emas digital? BBJ: Pastikan legalitasnya
ILUSTRASI. ilustrasi koin emas dengan skema piramida Multi Level Marketing alias MLM. Foto Dok Shutterstock


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pamor investasi emas tengah naik daun, investor bisa melirik emas digital untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berinvestasi di platform investasi digital untuk memastikan keamanannya.

"Investor harus memperhatikan legalitas para pedagang emas digital, dengan melakukan cek dan ricek terhadap perusahaan yang dituju," kata Direktur Utama  Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) Stephanus Paulus Lumintang kepada Kontan.co.id, Senin (24/8).

Pria yang akrab disapa Paul tersebut juga menyarankan calon investor emas digital untuk memastikan legalitas dengan mengunjungi instansi terkait, baik keberadaan kantornya, sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Apalagi, berinvestasi di emas digital bersifat savings, sehingga perlu jadi perhatian bagi investor saat membeli dan melakukan penjualan.

"Saat ini kinerja transaksi emas digital masih berfluktuatif dengan harga yang relatif berbeda antara pedagang yang ada," ungkapnya.

Ke depan, Paul menilai prospek perdagangan emas digital masih mempunyai potensi yang besar bagi investor di dalam negeri. Dengan adanya investasi yang menawarkan nilai minimal investasi yang relatif terjangkau (retail), akan sangat menarik buat para investor.

Ditambah lagi, investasi di emas digital cenderung mudah diakomodir bagi investor yang memiliki kemampuan financial dalam berinvestasi minim, ditambah dengan fluktuasi harga emas dewasa ini.

 Paul menilai, volatilitas harga emas saat ini, dapat digunakan sebagai peluang untuk take profit ataupun sebagai savings dalam bentuk saldo emas.

"Hanya saja, perlu diperhatikan bahwa dalam berinvestasi emas saat ini yakni membaca peluang untuk dapat menggunakan moment take profit, serta sebagai sebuah sarana investasi untuk jangka menengah," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×