kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Terjadi perpindahan dana ke safe haven, harga emas melejit 1%!


Rabu, 04 Desember 2019 / 05:25 WIB
Terjadi perpindahan dana ke safe haven, harga emas melejit 1%!
ILUSTRASI. Emas batangan seberat 1 kg. REUTERS/Tamara Abdul Hadi/File Photo

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga emas dunia melompat lebih dari 1% pada transaksi Selasa (3/12) di New York. Data Reuters menunjukkan, harga emas di pasar spot naik 1,1% menjadi US$ 1.478,38 per troy ounce pada pukul 02.32 p.m waktu New York. Pada transaksi sebelumnya, harga emas spot sempat menyentuh US$ 1.481,80 per troy ounce, yang merupakan level tertinggi sejak 7 November.

Sementara, harga kontrak berjangka emas naik 1% ke posisi US$ 1.484,40 per troy ounce.

Baca Juga: Ancaman tarif Trump ke Brazil dan Argentina tak bikin harga emas naik, ini sebabnya

Harga emas kembali melejit setelah memudarnya optimisme terkait kesepakatan dagang antara AS dan China. Apalagi setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan perundingan dagang akan diperpanjang hingga pasca pemilihan presiden AS pada November 2020.

"Pasar saham mengalami penurunan, dan ada perpindahan ke aset yang aman seperti emas saat ini. Harga emas mengalami kenaikan karena pernyataan Trump soal tarif AS-China," papar Bob Haberkorn, senior market strategist RJO Futures kepada Reuters.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini Mendaki, Coba Dekati Level Tertinggi

Dia menambahkan, seluruh sinyal menunjukkan adanya pergerakan harga emas ke atas US$ 1.485 pada kontrak emas Februari. Kondisi ini cukup untuk mendorong harga emas ke atas US$ 1.500."




TERBARU

×