kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tenaga rupiah kian terkikis ke Rp 14.746 per dollar AS


Senin, 12 November 2018 / 14:21 WIB
Tenaga rupiah kian terkikis ke Rp 14.746 per dollar AS
ILUSTRASI. NILAI TUKAR RUPIAH


Reporter: Disa Ayulia Agatha | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rupiah berpeluang menutup perdagangan dengan pelemahan hari ini, Senin (12/11). Rupiah pada perdagangan tengah hari ini tercatat melemah ke level Rp 14.746 per dollar AS, pukul 12:12.

Rupiah melemah untuk hari kedua, dan kemarin masih berada di level Rp 14.678 per dollar AS. Namun, sejak awal November, rupiah sudah meninggalkan level lebih lemah di 15.000-an.

Analis Asia Tradepoint Futures, Andri Hardianto mengatakan potensi koreksi memang cukup terbuka pada rupiah sejak pembukaan perdagangan. 

“Selain ada aksi profit taking, isu AS di mana gubernur The Fed dengan narasi hawkish mengenai kebijakan menaikkan suku bunganya di bulan Desember,” katanya. Bank Sentral AS Federal Reserve diyakini menaikkan bunga 25 basis poin pada Desember mendatang.

Selain itu, meredanya kekhawatiran pasar terhadap hasil pemilu jangka menengah AS turut melemahkan rupiah. Sebelumnya ada kekhawatiran kekalahan partai pendukung Presiden AS Donald Trump, Partai Republik, pada pemilu jangka menengah namun kembali mereda setelah adanya keseimbangan kekuasaan dalam Kongres.

Menguatnya indeks dollar hari ini juga masih dibayangi oleh ketidakpastian persoalan Brexit serta isu anggaran Italia yang belum terselesaikan. Bukan hanya itu berbagai spekulasi pun muncul jelang rencana pertemuan antar delegasi AS dengan Tiongkok untuk membahas trade war.

Dari domestik, menurutnya pelaku pasar lebih merespon data defisit neraca berjalan yang masih melebar. “Sementara data-data positif sebelumnya seperti inflasi, neraca dagang, cadangan devisa, serta PDB kuartal III tidak terlalu direspons. CAD merupakan instrumen yang dapat menggambarkan kondisi pasar valas di domestik,” jelas Andri. 

Kondisi ini mengakibatkan pasar terpicu untuk melakukan aksi jual rupiah dan melirik ke dollar yang sedang didukung sentimen positif.

Menurut Andri, rupiah diperkirakan akan ditutup pada perdagangan hari ini ke level Rp 14.720 per dollar AS. “Dalam pekan ini di perkirakan masih dalam tekanan karena ada data inflasi AS,” tutup Andri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×