kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Tenaga bursa Asia akhir pekan tergerus dua faktor


Jumat, 13 Mei 2016 / 08:19 WIB

Tenaga bursa Asia akhir pekan tergerus dua faktor


TOKYO. Bursa Asia dilanda aksi jual pada transaksi pagi ini, Jumat (13/5). Mengutip data Bloomberg, pada pukul 09.06 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 0,2% menjadi 127,26.

Sepanjang pekan ini, kenaikan bursa Asia hanya mencapai 0,1%.

Sementara itu, indeks Topix Jepang turun 0,1%, indeks Kospi Korea Selatan naik 0,1%, dan indeks S&P/ASX 200 tak banyak mencatatkan perubahan. Adapun indeks S&P/NZX 50 Selandia Baru pagi ini tertekan 0,1%.

"Setelah mencatatkan reli pada Maret dan April, saat ini kondisi market penuh dengan ketidakpastian. Market masih disetir oleh sentimen bank sentral dan pergerakan mata uang. Musim rilis kinerja emiten juga tidak terlalu hebat," imbuh Oliver Lee, investment director Old Mutual Global Investors (Asia Pacific) Ltd.

Penurunan bursa Asia pagi ini disebabkan oleh penurunan harga minyak dunia. Sekadar informasi, harga kontrak minyak dunia jenis West Texas Intermediate (WTI) turun 0,9% setelah naik 1% di New York Kamis kemarin.

Selain itu, sektor teknologi juga melorot setelah saham Apple Inc anjlok ke posisi terendah sejak Juni 2014 lalu. Penurunan saham Apple memicu spekulasi bahwa penjualan iPhone terus melorot.


Sumber : Bloomberg
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Video Pilihan


Close [X]
×