kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tembus level psikologis, harga emas masih berpeluang menguat


Senin, 04 November 2019 / 19:49 WIB
Tembus level psikologis, harga emas masih berpeluang menguat


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah sukses menembus level psikologis US$ 1.500 per ons troi, harga emas global diyakini masih akan melanjutkan penguatan hingga akhir tahun. Mengutip Bloomberg, pada perdagangan Senin (4/11) pukul 19.36 WIB, harga emas untuk pengiriman Desember 2019 di Commodity Exchange naik 0,23% ke level US$ 1.514,90 per ons troi.

Analis PT Rifan Financindo Berjangka Puja Purbaya Sakti mengatakan, emas berhasil tembus level psikologis walaupun Federal Reserve memberikan sinyal untuk menghentikan kebijakan pemotongan suku bunga acuan. Asal tahu saja, Gubernur The Fed Jerome Powell mengungkapkan bahwa ke depan bank sentral kemungkinan tidak akan memangkas suku bunga dalam waktu dekat. Hal ini menyebabkan dolar AS melemah tajam.

Dolar AS mulai kehilangan kekuatan setelah semula naik. Nilai tukar the greenback berbalik tajam setelah Powell menyebutkan tidak akan ada kenaikan tingkat suku bunga kecuali ada pergerakan yang signifikan dalam inflasi.

Baca Juga: Tanda-tanda Kesepakatan Dagang Kian Tampak, Harga Emas Hari Ini Turun Makin Dalam

Selain itu, komentar Powell juga mengangkat saham-saham utama di Wall Street dan mengirim dolar AS ke level terendah baru. Kurs dolar yang melemah juga membuat emas lebih murah bagi pemegang mata uang selain dolar. "Alhasil, naiknya permintaan akan logam mulia emas sebagai safe haven ini nampaknya akan berlangsung hingga akhir tahun nanti," ungkap Sakti kepada Kontan.co.id, Senin (4/11).

Tak cuma efek The Fed, perlambatan pertumbuhan ekonomi di Kawasan Eropa juga menambah minat para investor untuk mencari aset yang aman. Alhasil, harga emas sebagai safe haven terus naik.

Langkah bank-bank sentral yang menambah cadangan emas pada September lalu pun turut menopang kenaikan harga logam mulia. Salah satunya, Turki dikabarkan membeli 22,9 ton emas.

Baca Juga: Nafsu Lahap Aset Berisiko Naik, Harga Emas Hari Ini Turun

Ke depan, Sakti mengungkapkan bahwa pekan ini tidak ada rilis data ekonomi penting dari AS, kecuali pidato dari beberapa pejabat The Fed. Saat ini para pelaku pasar akan fokus pada perkembangan kesepakatan dagang antara AS-China tahap pertama yang masih diliputi ketidakpastian pasca-pembatalan KTT APEC di Cile yang dijadwalkan 16-17 November 2019 mendatang.

Pembatalan terjadi karena Cile perlu mengembalikan stabilitas hukum domestik. Perlu diketahui, Cile saat ini dilanda demonstrasi besar-besaran di ibu kota negara, Santiago. Demonstran memprotes sejumlah isu krusial seperti kesenjangan pendapatan, tingginya biaya perawatan kesehatan, dan kenaikan biaya transportasi. Pusat-pusat perbelanjaan ditutup dan tentara turun ke jalan untuk menjaga stabilitas.

Di sisi lain, fokus para investor terkait perkembangan Brexit sedang beralih ke pemilihan 12 Desember dengan sebagian dampak bisa datang dari Super Thursday Bank of England (BoE).

Baca Juga: Harga emas Antam hari ini turun tipis ke Rp 763.000

Harga emas diprediksi akan melanjutkan penguatan dan berhadapan dengan resistance terdekat di US$ 1.535 per ons troi. Jika resistance ini berhasil dilewati, maka Sakti memperkirakan penguatan akan berlanjut ke US$ 1.550 per ons troi dan kemudian US$ 1.558 per ons troi.

Analisa teknikal menunjukkan indikator exponential moving average (EMA) mengindikasikan arah harga naik. Selanjutnya pada indikator relative strength index (RSI) berada di area + 69,36 yang menunjukkan arah harga naik. Indikator Commodity Channel Index (CCI) berada di area + 144,25 yang menunjukkan arah harga di area overbought.

"Secara umum emas masih berpotensi untuk melanjutkan gain hingga akhir tahun. Rekomendasi trading untuk emas adalah buy," tandas Sakti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×