kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,63   -7,86   -0.85%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Telkomsel mengimplementasikan IoT ke armada Blue Bird


Selasa, 27 Agustus 2019 / 22:00 WIB
Telkomsel mengimplementasikan IoT ke armada Blue Bird
ILUSTRASI. KERJASAMA LAYANAN BERBASIS IOT


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Telkomsel terus menerapkan teknologi  internet of things (IoT) ke berbagai sektor. Terbaru, Telkomsel melakukan kolaborasi bersama Blue Bird dengan mengintegrasikan layanan IoT dari Telkomsel pada armada taksi perusahaan tersebut.

Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini mengatakan, implementasi IoT Telkomsel ke dalam ekosistem digital Bluebird merupakan perwujudan komitmen dalam mendukung visi Making Indonesia. Dalam kolaborasi dengan Blue Bird, Telkomsel menghadirkan IoT Control Center, solusi cloud-based yang aman dan terpercaya untuk melakukan manajemen perangkat IoT.  Perangkat IoT Bluebird akan didukung oleh jaringan 4G LTE Telkomsel, sebagai perangkat komputer multi-fungsi yang terpasang di semua tipe armada Bluebird lengkap dengan fitur seperti argo meter untuk taksi, pengiriman order penumpang, pelacakan posisi (GPS), komunikasi dengan penumpang dan operator pusat, termasuk pembayaran. Perangkat ini juga terhubung langsung dengan kendaraan sehingga mampu membaca data-data vital dari kondisi kendaraan dan mengirimkannya langsung ke sistem aplikasi Blue Bird.

Target implementasi ekosistem IoT di armada Blueb Bird sebanyak 10.000 unit hingga 31 Desember 2019. Secara keseluruhan potensi armada Blue Bird yang mengimplementasikan layanan IoT Control Center Telkomsel mencapai 25.000 taksi. Target tersebut akan dicapai pada kuartal II tahun 2020. Tidak hanya mentransformasi operasional taksi Bluebird menjadi berbasis IoT, Telkomsel turut menyediakan akses khusus yaitu UMB (USSD Menu Browser) khusus bagi pengemudi taksi Blue Bird untuk melakukan top-up paket data dari Telkomsel.  "Menghadirkan layanan dan solusi digital yang komprehensif dan berkelanjutan merupakan komitmen Telkomsel dalam mengakselerasikan ekosistem digital di Indonesia," ujar Emma, dalam rilis, Selasa (27/8)..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×