kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,79   5,15   0.56%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Telkomsel dan Telkom Gelar Solution Day 2024, Ada 40 Showcase Solusi Digital


Jumat, 23 Februari 2024 / 13:46 WIB
Telkomsel dan Telkom Gelar Solution Day 2024, Ada 40 Showcase Solusi Digital
ILUSTRASI. Direktur Utama PT Telkomsel Nugroho (ketiga kanan) meninjau booth peserta Solution Day 2024 di Jakarta, Kamis (22/2). Telkomsel bersama Telkom menggelar Solution Day 2024. (KONTAN/Cheppy A. Muchlis)


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Telkomsel bersama PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) menggelar Solution Day 2024 di Jakarta pada Kamis (22/2). Ini merupakan ajang tahunan untuk memperkenalkan ragam solusi bisnis berbasis digital dari Telkomsel Enterprise dan Telkom. Solution Day menjadi wadah bagi pelanggan segmen korporasi dan industri untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis mereka dengan memanfaatkan ragam solusi digital terkini.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom, FM Venusiana R mengatakan, Telkom Group berkomitmen untuk terus memberikan solusi terbaik bagi pelanggan enterprise dalam mendorong pertumbuhan bisnis mereka, melalui digitalisasi proses, layanan dan platform. Sehingga meningkatkan produktifitas dan efisiensi.

"Diperkuat dengan infrastruktur yang andal, anak perusahaan dan juga puluhan mitra global terpercaya, Telkom Group mampu membawa transformasi digital baik bagi pelanggan, masyarakat maupun pemerintahan. Melalui Telkomsel Solution Day 2024, kami ingin memberikan beragam use case, khususnya mobile solution dari Telkomsel, yang diharapkan dapat mempercepat transformasi digital di seluruh industri dan mengoptimalkan potensi bisnis dalam mendorong perekonomian Indonesia," terang Venus, Kamis (22/2). 

Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, menyampaikan,  Telkomsel Enterprise sebagai salah satu  product factory bisnis Telkom Group berkomitmen menghadirkan ragam solusi inovatif, baik horizontal maupun vertikal yang dikembangkan berdasarkan tren industri dan kebutuhan para pelaku bisnis. Solution Day 2024 akan menjadi wadah inspiratif yang berfokus pada penerapan inovasi solusi digital komprehensif dan esensial dalam mengakselerasi bisnis sekaligus menciptakan nilai tambah yang berdampak positif bagi para pelanggan Telkom Group di segmen korporasi," papar Nugroho. 

Terdapat lebih dari 40 showcase solusi digital unggulan bagi segmen korporasi pada Solution Day 2024. Solusi-solusi tersebut terbagi ke dalam 12 kategori vertikal dan horizontal. Lima showcase vertikal bisnis menjadi fokus pada gelaran Solution Day 2024 antara lain pertambangan, manufaktur, layanan keuangan, transportasi & logistik serta agrikultur.

Baca Juga: Kehadiran Satelit Merah Putih 2 Bakal Perkuat Telkom (TLKM) di Segmen Korporasi

Rujuh showcase kategori horizontal bisnis, Telkomsel dan Telkom menghadirkan beberapa solusi digital yakni connectivity, IoT, advance connectivity, customer engagement, emerging solution, innovation dan data center, cloud and security solution.

Kemudian, setelah terjalinnya kolaborasi bersama google beberapa waktu lalu dalam pemanfaatan layanan Rich Communication Services (RCS), kini Telkomsel Enterprise mempersembahkan sebuah platform komunikasi canggih  sebagai the Next Generation of Messaging Services. Ini memungkinkan pelanggan meningkatkan layanan short messaging service (SMS) dengan tingkat interaktivitas yang lebih tinggi. 

Termasuk rbagi konten multimedia berkualitas tinggi, berpartisipasi dalam obrolan grup yang lebih dinamis, serta mencakup dukungan penuh untuk tanda terima telah dibaca dan indikator pengetikan.

Pelanggan segmen korporasi juga dapat menggunakan fitur komunikasi canggih yang disediakan dalam RCS untuk menyampaikan RCS Business Messaging (RBM) kepada konsumen melalui pesan yang lebih kaya dan interaktif sesuai kebutuhan bisnis. Selain itu, konsep one-stop-solution yang tersedia di dalam fitur komunikasi canggih RCS akan membantu pelanggan segmen korporasi dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis dengan kebebasan penuh untuk menyampaikan pesan bisnis yang lebih kaya dan interaktif kepada target audiens.

Tak hanya itu, Telkomsel juga memperkenalkan dua solusi baru, yakni Ted dan Digihub. Ted merupakan solusi virtual account manager B2B Telkom Group dengan memanfaatkan teknologi Generative AI guna meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. Kemudian Digihub, sebuah platfrom yang menyediakan akses pada API (application programming interface) telekomunikasi yang sudah ditawarkan Telkomsel seperti API Insight (API Location Verification), API layanan telekomunikasi (API SMS), API Dynamic Profile (API SIM Swap), dan API Autentikasi (API Mobile Network Verification).

Solusi Digihub ini dapat memfasilitasi pelaku bisnis, korporasi maupun developer dalam mengintegrasikan berbagai layanan dan fungsi bisnisnya melalui API Telkomsel yang mudah diakses dan efisien, sehingga dapat membuka berbagai peluang pengembangan dan pertumbuhan solusi inovasi layanan digital. Solusi Digihub ini juga memperkuat posisi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan penyedia API telekomunikasi berbasis standar CAMARA di Indonesia. 

Bersamaan dengan gelaran Solution Day 2024, Telkomsel juga menandatangani nota kesepahaman bersama beberapa perusahaan seperti kerja sama di bidang Infrastructre as a Service bersama PT Kalimantan Industrial Park Indonesia, kerja sama di bidang Connected Smart Highway Ecosystem bersama Jasamarga Toll Road Operator dan kerja sama pemanfaatan RCS Business Messaging (RBM) bersama PT. Samsung Electronics Indonesia (SEIN). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×