kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tapering The Fed bakal jadi fokus utama yang menentukan rupiah di pekan depan


Minggu, 19 September 2021 / 15:02 WIB
Tapering The Fed bakal jadi fokus utama yang menentukan rupiah di pekan depan
ILUSTRASI. Proyeksi rupiah di pekan depan


Reporter: Achmad Jatnika | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Di pekan depan, tapering dinilai akan menjadi sentimen utama yang akan mempengaruhi pergerakan pasar. terlebih, Federal Open Market Committee (FOMC) meeting yang dilaksanakan pada 21-22 September mendatang.

Analis Global Kapital Investama Alwi Assegaf mengatakan, sentimen tapering akan menjadi fokus utama yang diperhatikan investor. Karena itu, pelaku pasar menanti hasil FOMC meeting.

Alwi bilang, ada dua kemungkinan yang akan dilakukan Federal Reserve di pekan depan. Pertama, the Fed mulai merinci kapan waktu pelaksanaan tapering, dengan menyinggung mengenai besaran tapering. Jika ini dilakukan, dolar Amerika Serikat (AS) pasti menguat, dan menekan rupiah.

Kedua, jika The Fed kembali ambigu, artinya tidak menetapkan waktu kapan tapering, hal ini akan bisa membuat dolar terkoreksi. “Hal yang perlu diperhatikan lagi adalah The Fed dot plot. Jika semakin banyak pejabat the Fed yang mendukung ke arah kenaikan suku bunga di tahun 2023, itu juga bisa mengangkat dolar,” jelas Alwi.

Baca Juga: Pasar menanti hasil RGBI, rupiah diproyeksi menguat terbatas di awal pekan

Untuk sentimen dari dalam negeri, Alwi bilang, sentimen terdapat dari Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang dilakukan pada 20-21 September. Bank Indonesia diperkirakan masih mempertahankan suku bunga di angka 3,5%.

Akan tetapi, pelaku pasar lebih tertarik pada pernyataan Gubernur BI Perry Warjiyo mengenai pandangan ekonomi dan arah kebijakan moneter ke depannya. Selain itu, perkembangan Covid-19 di dalam negeri juga akan dicermati investor.

Sehingga, Alwi menaksir, pergerakan rupiah masih akan sideway, meskipun ada potensi pelemahan karena isu tapering. Tetapi jika ada proyeksi optimistis dari BI, maka pelemahan tersebut akan dapat dibatasi.

Alwi memperkirakan rupiah akan bergerak di rentang Rp 14.180 per dolar AS - Rp 14.285 per dolar AS pada pekan depan.

Sekedar mengingatkan, pergerakan rupiah di pasar spot selama minggu ini terkoreksi 0,13%, dan ditutup di level Rp 14.223 per dolar AS.

Sedangkan rupiah Jisdor melemah 0,05% selama perdagangan di minggu ini, dan ditutup di level Rp 14.233 per dolar AS pada Jumat (17/9).

Selanjutnya: Permintaan tes PCR di Kimia Farma (KAEF) naik dua kali lipat di bulan lalu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×