kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,88   4,37   0.48%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Surya Semesta (SSIA) Lepas Saham Dua Perusahaan, Ini Rencana Penggunaan Dananya


Rabu, 15 Juni 2022 / 13:19 WIB
Surya Semesta (SSIA) Lepas Saham Dua Perusahaan, Ini Rencana Penggunaan Dananya
ILUSTRASI. proyek pembagunan Subang Smartpolitan milik Surya Semesta Internusa (SSIA)


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) menjual seluruh saham yang dimiliki di PT SLP Surya Ticon Internusa (SLPSTI) dan PT Surya Internusa Timur (SIT) untuk modal usaha dan mempercepat pembangunan Subang Smartpolitan.

Kepemilikan SSIA di PT SLP Surya Ticon Internusa sebesar 23,2 juta saham atau dengan nilai nominal Rp 301,6 miliar. Sementara itu, saham milik SSIA yang dijual di PT SIT sebanyak 1,2 miliar saham atau senilai Rp 120 miliar

Untuk penentuan nilai wajar dari harga saham SLPSTI dan SIT akan menggunakan metode Adjusted Equity Value, dengan menyesuaikan investment property menjadi market value yang disepakati antara penjual dan pembeli.

Adapun nilai transaksi penjualan untuk saham di SLPSTI mencapai Rp 430,58 miliar. Sementara, penjualan saham SSIA dalam SIT senilai Rp 131,59 miliar.

Baca Juga: Hingga Mei, Surya Semesta (SSIA) Raih Marketing Sales Lahan Industri Rp 163 Miliar

Direktur Surya Semesta Internusa Sonny Satiangera menyampaikan, pelepasan kepemilikan saham perseroan di kedua perusahaan tersebut merupakan salah satu strategi untuk mempercepat pengembangan Subang Smartpolitan.

"Dengan tambahan modal yang didapat dari penjualan saham ini, Perseroan memiliki ruang lebih untuk menjalankan strategi bisnis dalam proyek unggulan yang telah menjadi fokus utama Perseroan," jelas Sonny dalam keterbukaan informasi, Rabu (15/6).

Selain untuk pembangunan proyek di Subang, lanjut dia, dana hasil jual beli saham ini akan digunakan sebagai modal kerja dan juga akan digunakan untuk membayar kewajiban-kewajiban SSIA.

Sonny menekankan dari transaksi jual beli saham ini, tidak ada dampak material terhadap SSIA, baik terhadap kinerja operasional dan kinerja keuangan.

 

Nantinya kedua saham perusahaan tersebut akan dilepas kepada PT Frasers Property Thailand (Indonesia) Pte. Ltd. Untuk gambaran, Frasers Property Thailand (Indonesia) merupakan anak perusahaan Frasers Property Group, yang merupakan perusahaan real estat terintegrasi dengan keunggulan multi-aset

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×