kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sumber Alfaria Trijaya (AMRT) akan menjual kepemilikan di Alfatrex


Selasa, 30 Maret 2021 / 06:06 WIB
Sumber Alfaria Trijaya (AMRT) akan menjual kepemilikan di Alfatrex


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten minimarket PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) berencana menjual kepemilikannya di PT Sumber Wahana Sejahtera atau yang dikenal dengan nama Alfatrex. Alfatrex merupakan anak usaha AMRT yang bergerak di bidang jasa titipan dan pengiriman.

Saat ini, AMRT merupakan pengendali Sumber Wahana Sejahtera dengan kepemilikan langsung sebesar 99,96%. Pada Kamis, 25 Maret 2021, AMRT menandatangani lembar ketentuan indikatif (term sheet), salah satunya dengan PT Galaxy Mitra Global yang akan mengambil alih kepemilikan AMRT di Alfatrex.

Tapi, manajemen AMRT belum dapat memberitahukan berapa persen kepemilikan yang akan dijual ke Galaxy Mitra Global. Akan tetapi, berdasarkan term sheet, Galaxy Mitra Global akan mengambil alih Sumber Wahana Sejahtera dan menjadi pengendali baru.

"Sehingga, apabila transaksi tersebut selesai dilaksanakan, perusahaan tidak akan lagi menjadi pengendali di Sumber Wahana Sejahtera," ucap manajemen dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Jumat (26/3). Lebih lanjut, manajemen AMRT menyampaikan, pelaksanaan transaksi tersebut bergantung pada pemenuhan kondisi prasyarat sebagaimana yang ditentukan dalam term sheet.

Baca Juga: Sumber Alfaria Trijaya (AMRT) andalkan Alfatrex untuk antar barang ke pelanggan

Sebagai informasi, Alfatrex yang berdomisili di Tangerang mulai beroperasi komersial pada tahun 2017. Alfatrex memiliki jaringan retail terbesar dan tersebar di seluruh Indonesia, mengingat Sumber Alfaria Trijaya mengelola minimarket dan waralaba Alfamart, Alfamidi, serta Dan+Dan.

Jaringan toko retail ini digunakan Alfatrex sebagai lokasi untuk menjemput dan mengantar barang, serta menerima pembayaran dari pelanggan. Per September 2020, aset Sumber Wahana Sejahtera adalah sebesar Rp 21,88 miliar atau setara 0,32% dari total aset seluruh entitas anak usaha AMRT yang sebesar Rp 6,76 triliun.

Baca Juga: Obligasi Rp 1,02 triliun akan jatuh tempo, begini kesiapan Sumber Alfaria Trijaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×