kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS917.000 -0,76%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Sukses cetak laba bersih di semester I-2021, ini kata MAP Aktif Adiperkasa (MAPA)


Selasa, 03 Agustus 2021 / 13:28 WIB
Sukses cetak laba bersih di semester I-2021, ini kata MAP Aktif Adiperkasa (MAPA)
ILUSTRASI. Gerai yang berada di bawah MAP Aktif Adiperkasa (MAPA)

Reporter: Kenia Intan | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk  membukukan kinerja yang positif sepanjang semester I 2021. Top line dan bottom line dari emiten dengan kode saham MAPA itu meningkat signifikan. 

Mengutip laporan keuangannya, MAPA mencetak pertumbuhan pendapatan hingga 35,12% secara tahunan atau year on year (yoy) menjadi Rp 2,86 triliun hingga Juni 2021. Pada periode yang sama tahun lalu, MAPA membukukan pendapatan Rp 2,12 triliun. 

Kenaikan dari sisi pendapatan turut mengerek laba bersih periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk menjadi Rp 104,23 miliar. Padahal pada semester I-2020, MAPA masih menanggung rugi hingga Rp 80,23 miliar. 

Adapun di kuartal II-2021 ini, MAPA mengantongi penjualan bersih hingga Rp 1,6 triliun, dengan margin laba kotor 43,4%. Laba usahanya tercatat Rp 155,9 miliar dengan EBITDA Rp 308,4 miliar. Adapun laba bersih MAPA mencapai Rp 91,6 miliar.

Manajemen mengungkapkan,  MAPA memang mengalami pertumbuhan yang signifikan di periode April-Juni 2021, dengan penjualan melonjak lebih dari 25% dibandingkan kuartal I-2021.

Baca Juga: Kinerja MAP Aktif Adiperkasa (MAPA) di kuartal I-2021 loyo, ini alasannya

Pertumbuhan ini ditopang oleh strategi digital unified retail yang membaik di pasar domestik Indonesia. Selain itu, penjualan kuartal II juga terdorong momentum Lebaran pada bulan Mei yang lalu. 

Sepengamatan manajemen, peluncuran berbagai produk merek ternama untuk running, leisure wear, fitness, dan kids, berhasil menangkap momentum full price yang kuat.

Sehingga, ini membantu menutupi turunnya penjualan jangka pendek, akibat lockdown pandemi Covid19 yang berkepanjangan pada pasar internasional di Filipina, Thailand, dan Vietnam. 

“Perusahaan telah meraih pertumbuhan pendapatan dan keuntungan yang sangat baik dari kanal online multi brand dan mono brand. Didukung oleh peluncuran produk eksklusif para brand partner terpilih, yang menunjang perbaikan margin dan memberikan kontribusi langsung kepada laba bersih," jelas VP of Investor Relations Corporate Communications dan Sustainability MAP Group Ratih D. Gianda dalam keterengan resmi yang diterima Kontan.co.id, Senin (2/8). 

Lebih lanjut diungkapkan, margin laba kotor yang meningkat selama empat kuartal berturut-turut didukung oleh pemanfaatan program loyalty MAP CLUB. Hal ini memungkinkan MAPA untuk menargetkan para anggota secara khusus terhadap berbagai merek sports atau merek-merek pilihan lainnya.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×