kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sugih Energy tuntaskan eksplorasi Juli


Kamis, 16 Mei 2013 / 19:20 WIB
ILUSTRASI. kurs jual beli dolar AS di BCA, Kamis (2/12). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/ama/18


Reporter: Dea Chadiza Syafina | Editor: Djumyati P.

JAKARTA. PT Sugih Energy Tbk (SUGI) akan menuntaskan pengeboran eksplorasi di sumur migas Akatara-2 di Blok Lemang PSC yang terletak di Provinsi Jambi. Presiden Direktur SUGI Andhika Anindyaguna mengungkapkan, perusahaan eksplorasi dan produksi minyak dan gas ini mengharapkan kegiatan pengeboran akan selesai pada akhir Juli mendatang.

Menurut Andhika, proses pengeboran akan tuntas dalam 1,5 bulan ke depan. Setelah itu, pihaknya akan melakukan proses pengujian atau due diligence dan hasilnya akan disampaikan segera. Sumur Akatara-2 ini, kata Andhika, merupakan sumur minyak dan gas ketiga yang dieksplorasi oleh perseroan di blok Lemang PSC. 

Menurut Andhika, dari kegiatan pengeboran di dua sumur migas sebelumnya yaitu sumur Selong-1, perseroan telah memperoleh cadangan minyak sebesar 16 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) dan 700 barel minyak per hari. Sementara, di sumur Akatara-1, perseroan mendapatkan cadangan sekitar 11 juta kaki kubik gas dan 380 kondensat per hari. 

Karena itu, kata Andhika, pihaknya masih fokus untuk pengeboran berikutnya di sumur Akatara-2 ini. "Kalau pengeboran sumur migas ketiga ini sukses, kami akan segera mengajukan izin produksi kepada pemerintah melalui Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKS Migas)," kata Andhika di Jakarta, Kamis (16/5). 

Lebih lanjut Andhika menjelaskan, berdasarkan prediksi dari pihak operator pengeboran di blok Lemang, perseroan dapat memulai produksi minyak dan gas bumi pada akhir 2013. Namun, perkiraan ini tergantung dari hasil pengeboran sumur ketiga karena nanti SKS Migas yang akan menentukan kelayakan kegiatan produksi di Blok Lemang. 

Andhika menyebut pihaknya optimistis dapat melakukan kegiatan produksi minyak dan gas dari hasil pengeboran di dua sumur sebelumnya. Untuk kegiatan pengeboran, SUGI menganggarkan dana belanja modal sebesar US$ 30 juta yang diperoleh dari sebagian hasil Penawaran Umum Terbatas (PUT) atau right issue yang telah dilakukan perusahaan. 

Menurut Andhika, serapan dana belanja modal sampai dengan kuartal I 2013 ini telah direalisasikan perseroan sebesar US$ 20 juta. Dana ini di antaranya digunakan untuk kegiatan pembangunan infrastruktur jalan sekitar wilayah pengeboran sepanjang lebih kurang 7 kilometer, kegiatan pengeboran di dua sumur migas serta kegiatan seismik di area seluas 500 kilometer persegi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×