kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SMF-BTN Syariah siap rilis EBAS-SP pertama


Rabu, 31 Mei 2017 / 12:39 WIB
SMF-BTN Syariah siap rilis EBAS-SP pertama


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. PT SMF bersama dengan BTN Syariah berencana menerbitkan Efek Beragun Aset Syariah berbentuk Surat Partisipasi (EBAS-SP). Jika tidak ada kendala yang menghadang, ini akan menjadi EBAS-SP pertama di Indonesia.

Ananta Wiyogo, Direktur Utama SMF, mengatakan kerjasama penerbitan EBAS-SP ini akan menjadi Sekuritisasi KPR iB pertama di Indonesia dan merupakan dukungan PT SMF kepada BTN Syariah dalam mewujudkan program satu juta rumah pemerintah.

EBAS-SP merupakan efek beragun aset syariah yang underlying portofolionya berasal dari pembiayaan KPR iB. Dalam kerjasama ini, PT SMF menjadi penerbit dan BTN Syariah akan menjadi kreditur asal serta penyedia jasa.

Kerjasama penerbitan Efek Beragun Efek Syariah ini menggunakan sistem sesuai dengan prinsip syariah, sehingga setiap penerbitan efek wajib mendapat pernyataan kesesuaian syariah dari Dewan Pengawas Syariah atau tim ahli syariah pasar modal. Ketentuan dan persyaratan mengenai Ahli Pasar Modal Syariah diatur dalam POJK No 16/Tahun 2015.

"Kami optimistis EBAS-SP akan memberikan warna baru bagi pasar modal syariah Indonesia. Investor akan memiliki pilihan baru untuk berinvestasi dalam efek yang sesuai dengan kaidah syariah, dengan tambahan aset dasar berupa tagihan KPR iB yang memberikan rasa aman yang lebih,” tutur Ananta saat penandatanganan naskah kerjasama transaksi Sekuritisasi KPR iB dengan skema EBAS-SP dengan Bank BTN di Jakarta, pada Selasa (30/5).

Sementara itu, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Maryono menyambut baik kolaborasi yang positif dengan PT SMF untuk merilis EBAS-SP.  “Dengan EBAS-SP  BTN syariah bisa meraih dana segar dan dan meningkatkan  kapasitasnya untuk menyalurkan pendanaan kepemilikan rumah kepada masyarakat,” kata Maryono.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×