kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sinar Mas Agro (SMAR) Bakal Terbitkan Obligasi Rp 1 triliun, Berikut Tingkat Bunganya


Jumat, 28 Januari 2022 / 08:23 WIB
Sinar Mas Agro (SMAR) Bakal Terbitkan Obligasi Rp 1 triliun, Berikut Tingkat Bunganya
ILUSTRASI. Pabrik minyak goreng PT SMART Tbk.


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten perkebunan dan pengolahan kelapa sawit PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR) akan menerbitkan obligasi senilai Rp 1 triliun. Surat utang bernama Obligasi Berkelanjutan III SMART Tahap III Tahun 2022 ini akan ditawarkan dalam tiga seri.

Seri A memiliki nilai pokok Rp 100 miliar dengan tingkat bunga tetap 5,00% per tahun dan tenor 370 hari. Kemudian, Seri B berjumlah pokok Rp 625 miliar dengan tingkat bunga tetap 7,25% per tahun dan jangka waktu tiga tahun. Sementara Seri C ditawarkan dengan jumlah pokok Rp 275 miliar dengan tingkat bunga tetap 8,25% per tahun dan tenor lima tahun.

Bunga akan dibayarkan tiap tiga bulan sekali terhitung sejak tanggal emisi yang jatuh pada 16 Februari 2022. Dengan begitu, pembayaran bunga pertama akan berlangsung pada 16 Mei 2022.

Baca Juga: Tarif Bea Keluar Cangkang Sawit Turun, Begini Tanggapan Sinar Mas Agro (SMAR)

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (27/1), setelah dikurangi biaya-biaya emisi, seluruh dana perolehan obligasi ini akan digunakan untuk membayar sebagian pokok utang bank jangka panjang yang merupakan angsuran pokok pada saat jatuh tempo. Dananya juga akan digunakan untuk membayar sebagian pokok utang obligasi pada saat jatuh tempo.

Sebagai gambaran, per September 2021, Sinar Mas Agro memiliki utang bank jangka panjang yang bakal jatuh tempo dalam setahun sebesar Rp 1,45 triliun dan utang bank jangka panjang Rp 5,12 triliun.

Kemudian, utang obligasi yang bakal jatuh tempo dalam setahun sebesar Rp 1,39 triliun dan utang obligasi jangka panjang Rp 3,09 triliun.

Rencananya, masa penawaran umum obligasi ini akan berlangsung pada tanggal 9-11 Februari 2022. Lalu, tanggal penjatahan jatuh pada 14  Februari 2022, pengembalian uang pemesanan 15 Februari 2022, serta distribusi secara elektronik pada 16 Februari 2022. Selanjutnya, obligasi ini akan tercatat di BEI pada 17 Februari 2022.

Pemesanan pembelian obligasi harus dilakukan dalam jumlah sekurang-kurangnya Rp 5 juta dan/atau kelipatannya. Obligasi ini tidak dijamin dengan jaminan khusus, melainkan dengan seluruh harga kekayaan Sinar Mas Agro baik barang bergerak maupun tidak bergerak yang telah ada maupun yang akan ada di kemudian hari.

Baca Juga: Menyingkap Konglomerasi Penguasa Bisnis Minyak Goreng di Indonesia

PT BCA Sekuritas, PT CIMB Niaga Sekuritas, dan PT Sucor Sekuritas berperan sebagai penjamin pelaksana emisi dan penjamin emisi obligasi. Sementara PT Bank Mega Tbk bertindak sebagai wali amanat.

Asal tahu saja, obligasi tahap III ini adalah bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) III SMART dengan target dana dihimpun mencapai Rp 5 triliun. PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) memberikan peringkat idA+ (Single A Plus) untuk obligasi ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×