kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.495.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.585   85,00   0,54%
  • IDX 7.521   40,52   0,54%
  • KOMPAS100 1.169   8,10   0,70%
  • LQ45 933   4,48   0,48%
  • ISSI 227   2,02   0,90%
  • IDX30 480   1,12   0,23%
  • IDXHIDIV20 578   0,90   0,16%
  • IDX80 133   1,02   0,77%
  • IDXV30 142   1,62   1,15%
  • IDXQ30 161   0,16   0,10%

Simak Strategi Bisnis Reliance Sekuritas Indonesia (RELI)


Minggu, 13 Oktober 2024 / 09:11 WIB
Simak Strategi Bisnis Reliance Sekuritas Indonesia (RELI)
ILUSTRASI. Reliance Sekuritas Indonesia (RELI) mengungkapkan strategi bisnis untuk bertahan di industri sekuritas


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dari puluhan perusahaan sekuritas yang bergabung sebagai anggota Bursa Efek Indonesia (BEI), hanya ada lima broker yang mendaftarkan dirinya sebagai perusahaan tercatat. 

Salah satunya ialah PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk. Emiten dengan kode saham RELI ini resmi melantai di BEI pada 13 Juli 2005. Ini merupakan aksi listing terakhir dari perusahaan sekuritas.

Sebenarnya, Reliance Sekuritas sudah berdiri pada 22 Februari 1993 dengan nama PT Istethmar Finas Securities. Namun beberapa tahun silam, RELI berganti nama menjadi PT Ludlow Securities di 1999.

RELI resmi menggunakan Reliance sejak bergabung ke Reliance Group pada 7 Maret 2003 dengan nama PT Reliance Securities. Kemudian dua tahun berikutnya, Reliance Securities melantai di bursa saham.

12 tahun kemudian tepatnya pada 17 April 2017, RELI berganti nama menjadi PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk. RELI memiliki ambisi untuk menjadi perusahaan terus bertumbuh dan berkembang secara berkelanjutan. 

Baca Juga: Investor Pasar Modal Indonesia Tembus 14 Juta SID Per Oktober 2024

Reza Priyambada, Direktur Reliance Sekuritas Indonesia bercerita dalam menjalankan bisnis, pihaknya menyadari kepercayaan dan pelayanan kepada nasabah menjadi prioritas sehingga RELI bisa bertahan sampai saat ini.

"Kepercayaan nasabah merupakan modal utama Reliance Sekuritas Indonesia karena melalui nasabah itulah kami bisa mendapatkan transaksi," jelasnya saat berkunjung ke kantor KONTAN belum lama ini.

Oleh karena itu, menurutnya penting untuk menjaga loyalitas nasabah. Makanya, RELI memiliki produk RELIPrioritas, yang merupakan layanan wealth management untuk nasabah pilihan. 

Adapun untuk bisa menjadi terpilih dalam layanan RELIPrioitas, nasabah dengan kode broker LS ini minimal harus memiliki dana kelolaan sebesar Rp 500 juta atas semua instrumen aset investasi.

Secara keseluruhan, nasabah Reliance Sekuritas Indonesia mencapai 14.918 nasabah per September 2024 yang didominasi oleh umur 23 tahun-55 tahun. Adapun 400 nasabah di antaranya sudah masuk dalam layanan RELIPrioritas. 

Dari seluruh investor yang berada di bawah naungan Reliance Sekuritas Indonesia, hampir 90% merupakan investor ritel domestik. Kemudian sisanya merupakan investor nasabah institusi.

Ke depannya, Reza bilang manajemen RELI juga berusaha untuk penambahan nasabah baru. Khususnya nasabah-nasabah aktif untuk bertransaksi baik saham maupun obligasi, baik ritel maupun institusi.

"Kami juga membuka peluang target untuk nasabah-nasabah dari kelas menengah dan atas, yang nantinya dapat masuk ke kriteria RELIPrioritas," ucap dia.

Sebagai pialang, RELI memiliki beberapa platform trading yaitu, ReliTrade sebuah aplikasi trading untuk membantu nasabah melakukan transaksi saham yang bisa diakses lewat gawai maupun komputer.

Selain efek saham, RELI juga mempunyai menyediakan platform aplikasi untuk trading obligasi, yaitu FIRO (Fixed Income). Selain kedua platform tadi, RELI melalui anak usahanya juga tengah mengembangan aplikasi baru.

Reza bercerita anak usaha RELI, yakni PT Reliance Manajer Investasi sedang menggarap aplikasi keuangan baru bernama RELI Invest. Lewat aplikasi ini, nantinya nasabah bisa melakukan jual beli produk reksadana.

Tak hanya produk reksadana yang dikeluarkan oleh Reliance Manajer Investasi, investor bisa memiliki produk dari rekanan manajer investasi lainnya. Pada awal, Reliance Manajer Investasi sudah memiliki tujuh rekanan.

"Aplikasi RELI Invest sudah ada dan bisa beroperasi, hanya saja kami masih menunggu persetujuan dari otoritas. Nantinya juga akan ada tambahan rekanan manajer investasi yang memasarkan produknya," jelas Reza.

Induk usaha RELI, PT Reliance Capital Management juga sedang mengembangkan aplikasi super alias super apps. Nantinya semua aplikasi layanan Grup Reliance akan diintegrasikan ke dalam aplikasi bersama RELid.

Reza menjelaskan, pada tahun pertama, RELI akan persiapkan infrastruktur layanan yang menjadi backbone seluruh aplikasi. Nantinya, RELI akan memperbaiki fitur-fitur dan membuat sistem keamanan siber.

"Paralel dengan itu, di tahun pertama hingga ketiga kami perkuat investor base di mana selain penambahan investor juga peningkatan investor aktif untuk melakukan transaksi," ucap dia.

Begitu posisi nasabah kuat, lanjut Reza, di tahun keempat dan seterusnya RELI tinggal melakukan integrasi sistem satu sama lain serta mempelajari berbagai peluang baru kepada nasabah dalam mengoptimalkan portofolio.

Selain menyediakan layanan perantara perdagangan efek, RELI juga juga memiliki layanan sebagai penjamin emisi efek. Reza mengatakan di sisa 2024 ini, kemungkinan RELI belum ada memboyong perusahaan untuk melantai di BEI.

Di kuartal IV-2024, RELI mengantongi lima perusahaan yang berencana untuk menggelar penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO). Namun nampaknya rencana tersebut baru bisa terealisasi di 2025.

"Kami melihat peluang penghimpunan dana di pasar modal masih dapat ditingkatkan seiring minat sejumlah perusahaan untuk memanfaatkan pasar modal sebagai sumber pendanaan," jelas Reza. 

Selanjutnya: Begini Kabar Terbaru Rencana Merger Bank Nobu dan Bank MNC

Menarik Dibaca: 5 Jenis Serum Wajah Sesuai Kebutuhan Kulit, Kulit Kusam Pakai Apa?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×