kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.415.000   -4.000   -0,28%
  • USD/IDR 15.490
  • IDX 7.555   20,61   0,27%
  • KOMPAS100 1.163   0,66   0,06%
  • LQ45 942   3,23   0,34%
  • ISSI 221   -0,44   -0,20%
  • IDX30 479   2,02   0,42%
  • IDXHIDIV20 576   2,70   0,47%
  • IDX80 131   0,22   0,17%
  • IDXV30 136   -0,53   -0,39%
  • IDXQ30 160   0,80   0,50%

Simak Rekomendasi Saham IDX Value30, Valuasi Murah yang Layak Koleksi


Rabu, 10 Juli 2024 / 09:15 WIB
Simak Rekomendasi Saham IDX Value30, Valuasi Murah yang Layak Koleksi
ILUSTRASI. Karyawan melintas dekat papan digital yang menampilkan pergerakan perdagangan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (2/7/2024). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selasa (2/7) turun 0,20% atau 14,48 poin ke 7.125,14. Kondisi ini mengakhiri rentetan kenaikan IHSG setelah menguat empat hari beruntun. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/02/07/2024


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa saham dengan valuasi murah mampu mencetak performa stabil dalam menghadapi gejolak pasar. Salah satu yang layak mendapat perhatian adalah saham yang tergabung dalam index saham IDX Value30. 

Secara year to date (ytd), indeks yang identik dengan saham bervaluasi murah ini masih menjadi salah satu yang paling unggul dengan kenaikan 2,25%. IDX Value30 sendiri merupakan indeks yang mengukur kinerja dari 30 saham yang memiliki valuasi harga yang rendah, dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik.

Meski pada perdagangan Selasa(9/7) indeks saham IDX Value30 terjun paling dalam dengan penurunan 1,15%, tetapi pekan lalu kinerja cukup lumayan. Kenaikannya bsa mencapai 3,37% pada pekan lalu. Naik paling tinggi ketimbang indeks saham lainnya.

Secara year to date (ytd), indeks yang identik dengan saham bervaluasi murah ini masih menjadi salah satu yang paling unggul dengan kenaikan 2,25%. IDX Value30 sendiri merupakan indeks yang mengukur kinerja dari 30 saham yang memiliki valuasi harga yang rendah, dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik.

Analis Stocknow.id, Sinta Dwi Untari mengamati volatilitas yang sempat menerpa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) membuat investor lebih selektif dalam memilih aset investasi. Dalam kondisi pasar yang berfluktuasi kencang, saham-saham dengan valuasi yang relatif murah menjadi pilihan menarik bagi investor.

Daya tariknya adalah potensi upside yang lebih besar ketika kondisi pasar kembali stabil. "Sentimen ini mendorong peningkatan saham-saham undervalued yang tergabung dalam IDX Value30, sehingga memperkuat kinerja indeks tersebut," kata Sinta kepada Kontan.co.id, Selasa (9/7).

Melihat komposisi konstituen IDX Value30,  pergerakan harga komoditas global baik energi maupun barang baku akan menjadi katalis penting bagi pergerakan indeks ini. Sinta menaksir prospek di semester II-2024 masih akan positif, meski di bayang-bayangi oleh potensi stagnasi akibat profit taking.

"Investor perlu waspada terhadap potensi koreksi pasar dan mempertimbangkan strategi diversifikasi untuk mengelola risiko yang mungkin timbul akibat aksi taking profit," imbuh Sinta.

Baca Juga: Diantara Saham Emiten Bank Lapis Dua Ini, Mana yang Masih Menarik?

CEO Pinnacle Persada Investama, Guntur Putra punya pandangan serupa, dimana IDX Value30 mencetak performa yang cukup stabil menghadapi fluktuasi pasar belakangan ini. "Preferensi investor terhadap saham-saham dengan valuasi masih relatif murah di tengah volatilitas pasar yang tinggi," tutur Guntur.

Jika masih ingin melirik saham-saham di IDX Value30, Guntur menyarankan untuk tetap melakukan evaluasi. Pertimbangannya adalah siklus pasar dapat berubah serta seringkali faktor valuasi tidak selalu bekerja di setiap periode pasar.

Pengamat Pasar Modal & Founder WH-Project, William Hartanto sepakat, investor perlu cermat dalam memilah saham-saham yang dinilai punya valuasi murah. Sebab, daya tarik dan tren harga saham tidak hanya ditentukan oleh faktor valuasi semata.

Pergerakan harga saham akan turut ditentukan oleh berbagai faktor, seperti momentum teknikal, sentimen sektoral, serta rilis kinerja keuangan emiten tersebut. Oleh sebab itu, tak sedikit saham-saham yang dinilai undervalued namun harga sahamnya cenderung stagnan atau hanya menanjak terbatas.

"Valuasi itu sendiri sifatnya preferensi masing-masing orang. Saham-saham tersebut jadi pilihan pelaku pasar lebih karena momentumnya lagi rebound, maka peminatnya jadi banyak, dan momentum itu banyak sekali bentuknya," terang William.

Head of Equities Investment Berdikari Manajemen Investasi, Agung Ramadoni mengamini, investor tetap harus selektif dalam memilih saham-saham bervaluasi murah, termasuk yang menjadi konstituen IDX Value30. Meski secara indeks, Agung melihat potensi IDX Value30 masih bisa memimpin dibandingkan performa indeks saham lainnya.

Agung mengingatkan, sentimen eksternal juga memegang peranan penting, seperti data-data ekonomi, ekspektasi terhadap sikap less hawkish bank sentral, serta kembalinya capital inflow. "Ini membuat tingkat risk-apettite investor membaik atau risk tolerance meningkat. Dengan begitu saham-saham large caps atau yang memiliki valuasi murah cenderung diborong," terang Agung.

Di antara konstituen IDX Value30, Agung menyodorkan saham PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN), PT Elnusa Tbk (ELSA), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) yang masih menarik untuk dikoleksi.

William menyarankan trading buy JSMR, PT PP (Persero) Tbk (PTPP), PT Ciputra Development Tbk (CTRA) dan PT Panin Financial Tbk (PNLF). Cermati peluang buy on weakness BSDE, PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) dan PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG). Kemudian pertimbangkan taking profit pada PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI).

Sedangkan Sinta menyematkan rekomendasi buy pada saham PGAS (support Rp 1.515 dan resistance Rp 1.700) serta ADRO (support Rp 2.890 dan resistance di Rp 3.100). Saham lain yang dinilai undervalued dan layak dikoleksi adalah BBTN dan ASII.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Sustainability Reporting with GRI Standards Practical Business and Social Responsibility berbasis ISO

[X]
×