kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak agenda ekspansi Avia Avian usai hajatan IPO


Jumat, 12 November 2021 / 19:23 WIB
Simak agenda ekspansi Avia Avian usai hajatan IPO
ILUSTRASI. Paparan publik rencana IPO produsen cat PT Avia Avian Tbk.


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Avia Avian Tbk menyiapkan sejumlah agenda ekspansi setelah hajatan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO). Direktur Keuangan Avia Avian Kurnia Hadi mengungkapkan,  salah satu penggunaan dana IPO akan digunakan untuk pengembangan fasilitas manufaktur ketiga milik Avian Brands yang baru di Cirebon.

Pabrik baru ini diperkirakan akan selesai dibangun pada tahun 2025 dan akan menjadi fasilitas manufaktur Avian Brands yang terbesar dengan perkiraan kapasitas produksi sebesar 225.000 metrik ton per tahun. Ia bilang, pembangunan ini untuk mendukung rencana pertumbuhan dan ekspansi Avian Brands.

"Kami menganggarkan dana sebesar Rp 750 miliar untuk pengembangan fasilitas di Cirebon ini, yang mana Rp 250 akan kami bujetkan pada 2022," terang dia, Jumat (12/11).

Robert Tanoko, Direktur Operasional dan Pengembangan Avia Avian menjelaskan, sekarang ini Avian Brands memiliki 2 pabrik yang terintegrasi. Pabrik utama di Sidoarjo, Jawa Timur dan pabrik kedua di Serang, Banten. Total kapasitas secara kolektif lebih dari 286.000 metrik ton per tahun.

Baca Juga: Lepas 6,2 miliar saham lewat IPO, Avia Avian bidik dana segar Rp 5,7 triliun

Selain itu, per Mei 2021 Avian Brands memiliki 96 pusat distribusi sendiri ditambah 30 pusat distribusi dari pihak ketiga. Secara keseluruhan, pusat distribusi tersebut melayani lebih dari 52.000 toko bahan bangunan yang tersebar di Indonesia.

Keluarga Tanoko, dengan didukung oleh tim manajemen yang ada telah mengembangkan Avian Brands selama lebih dari 4 dekade. Saat ini, Avian Brands memiliki 4 entitas anak yang dimiliki secara langsung dan 1 entitas anak yang dimiliki secara tidak langsung.

Entitas anak tersebut yaitu PT Tirtakencana Tatawarna yang memiliki 96 pusat distribusi, PT Solusi Rumah Praktis yang menyediakan jasa pengecatan di sekitar Jakarta, PT Tirtakencana Batamindo (yang dimiliki melalui PT Tirtakencana Tatawarna) dengan wilayah distribusi di daerah Batam.

Lalu PT Bangun Bersama Solusindo yang merupakan joint venture dengan pemilikan 50:50 dengan Saint Gobain Group yang memproduksi pelapis anti bocor 2 komponen berbahan dasar semen, serta PT Multipro Paint Indonesia, yang bergerak di bidang manufaktur cat marine dan protective.

Baca Juga: Pimpinan Komisi VI DPR dukung IPO Mitratel, ini alasannya

Avian Brands berencana melanjutkan ekspansi jaringan distribusi, serta aktif mencari peluang untuk ekspansi, termasuk joint venture dan merger dan akuisisi. Selain itu, sambungnya, Avian Brands akan selalu menjaga operational excellence, serta fokus pada sustainability dan corporate responsibility.

Saat ini, Avian Brands memiliki pangsa pasar cat dekoratif terbesar di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 20% untuk penjualan tahun 2020, berdasarkan hasil survei Frost & Sullivan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×