kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siap-siap, Kalbe Farma (KLBF) Akan Terbar Dividen Rp 35 Per Saham


Kamis, 19 Mei 2022 / 13:53 WIB
Siap-siap, Kalbe Farma (KLBF) Akan Terbar Dividen Rp 35 Per Saham
RUPS Tahunan PT Kalbe Farma Tbk di Jakarta (19/5/2022).


Reporter: Kenia Intan | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Emiten farmasi PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) akan menebar dividen sebesar Rp 35 per saham. Rencana tersebut telah mengantongi persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar hari ini Kamis (19/5). 

Dibandingkan dengan laba bersih per saham KLBF tahun 2021 yang sebesar Rp 67,9, pembagian dividen itu mencerminkan 51,5% dari laba. 

"Ini konsisten dengan strategi dividend payout yang dilakukan Kalbe Farma yaitu tetap mempertahankan rasio payout sekitar 45% sampai dengan 55%," ujar Direktur PT Kalbe Farma Tbk Bernadus Karmin Winata dalam konferensi pers RUPST PT Kalbe Farma Tbk yang digelar Kamis, (19/5). 

Ia juga mencermati, payout ratio ini secara gradual terus meningkat dari tahun ke tahun. 

Baca Juga: Mitra Keluarga (MIKA) Akan Tebar Dividen Tunai Rp 36 Per Saham, Simak Jadwalnya

Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk  Vidjong menambahkan, ke depannya payout ratio dividen KLBF akan tetap dipertahankan di kisaran angka tersebut. Ini bukan hal mustahil, sebab manajemen memperkirakan kinerja KLBF di tahun 2022 ini dapat meningkat sekitar 11% hingga 15%  dari sisi penjualan maupun laba bersih. 

Sepengamatan Vidjongtius, upaya pemerintah untuk terlepas dari status pandemi menjadi endemi dengan pelonggaran mobilitas masyarakat menjadi salah satu sentimen positif yang akan menopang pertumbuhan kinerja KLBF ke depan. 

"Memberikan suatu sentimen positif untuk kita semua karena roda perekenomian juga mulai berputar," jelas Vidjong dalam kesempatan yang sama. 

Pihaknya juga akan mengatur cashflow yang baik supaya rasio dividen itu bisa diwujudkan.

Baca Juga: Siap-siap Bagi Dividen US$ 20 Juta, Pendapatan Barito Pacific (BRPT) Tumbuh 12%

Walau diwarnai sentimen positif, KLBF tetap mewaspadai fluktuasi dari situasi global yang bergejolak. Kondisi ini berpengaruh pada supply chain global yang akhirnya berdampak pada rantai pasokan KLBF.  Di sisi lain, manajemen KLBF juga terus mencermati mata uang rupiah yang dalam tren pelemahan. 

Sekadar informasi, selain menyetujui pembagian dividen, Kalbe Farma juga mengangkat Rhenald Kasali sebagai Komisaris Independen menggantikan Lucky Surjadi Slamet. Sementara untuk susunan direksi masih sama dengan sebelumnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×