kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,88   4,06   0.45%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siap Dulang Lonjakan Trafik di Ramadan, Cek Rekomendasi Saham Emiten Telkomunikasi


Rabu, 15 Maret 2023 / 06:25 WIB
Siap Dulang Lonjakan Trafik di Ramadan, Cek Rekomendasi Saham Emiten Telkomunikasi


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para emiten telekomunikasi memproyeksikan kenaikan trafik data selama periode Ramadan. Beberapa emiten telah melakukan persiapan untuk menyambut lonjakan tersebut.

Misalnya, PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) yang memproyeksikan akan terjadi lonjakan trafik hingga 15%. Hingga saat ini persiapan jaringan FREN untuk menyambut bulan suci ramadan sudah mencapai 95%.

Director Investor & Media Relation Smartfren Telecom, Gisela Yenny Lesmana menuturkan FREN akan berfokus pada jalur mudik utama sambil memperkuat titik koneksi poin of interest.

"Kami prediksi ada lonjakan trafik berkisar 12% hingga 15%. Titik poin of interest akan ada penambahan hingga 40% jika dibandingkan tahun lalu," jelas Gisela kepada Kontan.co.id, Selasa (14/3).

Baca Juga: Smartfren Sambut Indonesia Metaverse Collaboration Initiative (IMCI)

Sementara, PT XL Axiata Tbk (EXCL) memproyeksikan trafik layanan bisa meningkat 30% sepanjang ramadan tahun ini. EXCL juga sudah mulai melakukan persiapan dengan uji jaringan.

Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa bilang, biasanya momen Ramadan dan Lebaran trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data meningkat cukup signifikan.

"Kami memprediksi, sepanjang Ramadhan hingga Lebaran nanti, trafik layanan XL Axiata akan meningkat hingga 30% dibandingkan hari biasa," papar Gede, Senin (13/3).

Adapun EXCL memperkirakan trafik akan meningkat hingga 10% selama Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa, dan akan meningkat hingga 15% saat masuk di masa libur Lebaran.

Rekomendasi Saham

Research Analyst Panin Sekuritas Aqil Triyadi menjelaskan penghapusan kebijakan PPKM dapat menjadi pendorong utama dari aktivitas digital, termasuk selama periode ramadan.

Baca Juga: Sepanjang Ramadan, XL Axiata (EXCL) Prediksi Trafik Layanan Data Melonjak 30%

"Tahun ini kami perkirakan trafik data saat momen lebaran terjadi kenaikan 15% hingga 25% dibandingkan hari biasa," jelas dia saat dihubungi Kontan.

Aqil menilai keempat emiten telekomunikasi, mulai dari PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT XL Axiata Tbk (EXCL), PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) dan PT Indosat Tbk (ISAT) akan mendapatkan keuntungan dari lonjakan trafik ini.

Senada, Sementara, Head of Retail Research Analyst CGS-CIMB Sekuritas, Fanny Suherman memasuki bulan ramadan, sektor yang berkaitan dengan sektor telekomunikasi akan mendapatkan keuntungan.

"Bisa dilihat ke arah sektor telekomunikasi karena trafiknya akan meningkat selama bulan ramadan," papar Fanny.

Dia bilang saham seperti PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) akan diuntungkan. Selain itu, saham yang berhubungan telekomunikasi seperti menara juga akan mendapat katalis positif.

Sementara, dari keempat saham telekomunikasi yang ada di Bursa, Panin Sekuritas menjagokan TLKM dengan rekomendasi beli. Untuk tahun ini, target harga TLKM berada di level Rp 4.800. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×