kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,22   -1,54   -0.15%
  • EMAS977.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Setelah naik 1,45%, IHSG berpotensi lanjut menguat pada Jumat (8/1)


Kamis, 07 Januari 2021 / 17:52 WIB
Setelah naik 1,45%, IHSG berpotensi lanjut menguat pada Jumat (8/1)
ILUSTRASI. Layar menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik 1,45% ke level 6.153,63 pada perdagangan Kamis (7/1). Investor asing juga mencatatkan aksi beli dengan nilai bersih Rp 896,85 miliar di seluruh pasar.

Analis Indo Premier Sekuritas Mino mengatakan, kenaikan IHSG didorong oleh sentimen eksternal yakni dikuasainya Senat Amerika Serikat (AS) oleh kubu Demokrat. Dengan begitu, pelaku pasar mengharapkan adanya stimulus yang lebih besar serta dukungan terhadap pengembangan energi terbarukan, seperti pengembangan baterai dan kendaraan listrik.

Sementara itu, dari dalam negeri, kekhawatiran investor terkait dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jawa-Bali pada tanggal 11 Januari-25 Januari 2020 juga sudah mereda. Pasalnya, PSBB hanya diterapkan di beberapa kota yang memenuhi kriteria.

Oleh karena itu, Mino memprediksi, IHSG pada Jumat (8/1) akan meneruskan penguatan dengan support di level 6.090 dan resistance di 6.215. 

Baca Juga: IHSG menguat 1,45% ke 6.153 pada perdagangan Kamis (7/1), asing bukukan beli bersih

"Sentimen positif IHSG juga berasal dari pengesahan kemenangan Joe Biden sebagai presiden AS dan optimisme menjelang dilaksanakannya program vaksinansi nasional," tutur Mino saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (7/1).

Di sisi lain, Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Okie Ardiastama memperkirakan, IHSG akan bergerak menguat terbatas dengan support di level 6.072 dan resistance di 6.195. 

Bahkan, Okie melihat ada kemungkinan IHSG akan melemah. Pasalnya, menurut dia, pelaku pasar akan terfokus pada kebijakan PSBB selama tanggal 11 Januari-25 Januari 2021. 

"Berdasarkan historis kinerja IHSG pada pelaksanaan PSBB cenderung melemah terbatas dan stagnan. Hal ini seiring dengan antisipasi pelaku pasar terhadap asumsi makro yang berpotensi dapat berubah sebagai dampak dari kebijakan tersebut," kata dia.

Okie melihat, ada sejumlah saham yang menarik untuk dicermati pada perdagangan esok hari, yaitu PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP), PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), PT Indocement Tunggal Perkasa Tbk (INTP), dan PT PP Tbk (PTPP). Sementara Mino menyebutkan, saham yang menarik dicermati adalah PT Indosat Tbk (ISAT), PT Bank Bukopin Tbk (BBKP), PT Ace Hardware Tbk (ACES), dan SMGR.

Selanjutnya: IHSG menguat 1,45% ke 6.153 di perdagangan Kamis (7/1), asing borong BBRI,BMRI, TLKM

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×