kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Setelah masuk UMA, saham Alfa Energi Investama (FIRE) kena suspensi


Jumat, 02 Oktober 2020 / 19:06 WIB
Setelah masuk UMA, saham Alfa Energi Investama (FIRE) kena suspensi
ILUSTRASI. Harga saham FIRE telah menguat hingga 136,36% dalam sebulan terakhir.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara (suspensi) perdagangan saham PT Alfa Energi Investama Tbk (FIRE) pada perdagangan hari ini 2 Oktober 2020. Suspensi dilakukan baik di pasar reguler maupun pasar tunai. 

"Dengan tujuan memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di saham FIRE," ungkap Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Lidia M Panjaitan dan P.H. Kepala Divisi Pengaturan & Operasional Perdagangan BEI Martin Satria D. Bako dalam pengumuman Kamis (1/10). 

Asal tahu saja, saham FIRE telah mengalami peningkatan harga kumulatif yang signifikan sehingga, BEI merasa perlu untuk mengambil langkah suspensi terhadap saham ini.

Mengutip data dari RTI Business, harga saham FIRE telah menguat hingga 136,36% dalam sebulan terakhir. Adapun kenaikan signifikan telah terjadi selama enam bulan terakhir, hingga 205,88%. Akan tetapi jika dilihat sejak awal tahun, sahamnya masih tercatat melemah 4,29%. Pada penutupan perdagangan Kamis (1/10) harga saham FIRE berada di harga Rp 312.

Baca Juga: Saham Alfa Energi Investama (FIRE) dalam pengawasan BEI

Sebelumnya, BEI sudah mengawasi pergerakan saham emiten yang  bergerak di bisnis perdagangan, pengangkutan, dan pertambangan batubara ini. Pekan lalu, tepatnya pada Kamis (25/9) BEI menginformasikan telah terjadi peningkatan harga saham FIRE yang di luar kebiasaan atau unusual market activity (UMA).

Adapun pengumuman UMA ini bukan kali pertama bagi saham FIRE. Pada 23 Desember 2019, BEI mengumumkan tengah mengawasi saham FIRE. Perdagangan sahamnya juga pernah kena suspensi di pasar reguler dan pasar tunai pada 3 Januari 2020. 

Baca Juga: Dua faktor ini membuat Alfa Energi (FIRE) hati-hati tetapkan target tahun ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×