kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Sentimen global bikin IHSG terkoreksi tipis 0,09%


Rabu, 10 April 2019 / 17:38 WIB
Sentimen global bikin IHSG terkoreksi tipis 0,09%

Berita Terkait

Reporter: Aloysius Brama | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpeleset pada perdagangan Rabu (10/4). Mengutip RTI, indeks ditutup terkoreksi tipis 0,09% atau 6,022 poin ke level 6.478,326.

Tercatat 237 saham turun, 149 saham naik, dan 130 saham stagnan. Volume perdagangan 12,9 miliar saham dengan nilai transaksi mencapai Rp 8 triliun.


Analis Phintraco Valdy Kurniawan menilai penurunan IHSG banyak dipengaruhi oleh sentimen global. Menyusul proyeksi pertumbuhan ekonomi global dari International Monetary Fund (IMF) yang disebut akan menurun.

“International Monetary Fund (IMF) memprediksikan pertumbuhan tahun ini hanya dikisaran 3,3%. Hal ini lebih rendah dibandingkan proyeksi sebelumnya yaitu 3,5%,” kata Valdy Kurniawan ketika dihubungi Kontan.co.id, Rabu (10/4).

Selain prediksi pertumbuhan ekonomi IMF tersebut, sentimen global lain yang mempengaruhi landainya IHSG hari ini adalah ketegangan baru yang disebar oleh Amerika Serikat terhadap Uni Eropa.

“Investor tampak berhati-hati pada ancaman Presiden Donald Trump terhadap tarif baru barang-barang dari Eropa”, kata Head of Research Reliance Sekuritas Lanjar Nafi.

Untuk perdagangan Kamis (11/4) besok, Lanjar Nafi memproyeksikan pergerakan IHSG yang masih akan diselimuti awan hitam.

“Bayangan trend bearish masih akan terjadi dalam jangka waktu menengah sepanjang pekan ini,” tuturnya.

Lanjar Nafi memprediksikan, IHSG akan bergerak di kisaran 6.420 untuk support dan 6.500 untuk resistance.

Dengan beberapa saham yang patut dicermati di antaranya TKIM, INDF, GGRM, ICBP, BBTN, ADRO, ITMG, MEDC, dan MAPI.

Sedangkan Valdy menilai pergerakan IHSG besok akan berpotensi rebound. “Bila kabar dari Eropa tentang pertemuan bank sentral Eropa (ECB) dan pembahasan Brexit positif maka bisa rebound,” ungkapnya.

IHSG berpotensi bergerak di kisaran 6440 untuk support dan 6500 untuk resistance. Sedangkan Valdy merekomendasikan saham emiten BBPN dan CPIN.



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×