kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.074.000   -12.000   -0,58%
  • USD/IDR 16.479   -22,00   -0,13%
  • IDX 7.710   81,31   1,07%
  • KOMPAS100 1.079   12,56   1,18%
  • LQ45 781   11,16   1,45%
  • ISSI 266   1,78   0,67%
  • IDX30 405   5,27   1,32%
  • IDXHIDIV20 473   5,07   1,09%
  • IDX80 119   1,31   1,11%
  • IDXV30 130   -0,38   -0,29%
  • IDXQ30 131   1,60   1,23%

Semester I, Laba SCMA melejit 29%


Selasa, 22 Juli 2014 / 16:39 WIB
Semester I, Laba SCMA melejit 29%
ILUSTRASI. Livin’ by Mandiri


Reporter: Narita Indrastiti | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) berhasil menorehkan kinerja cukup cemerlang sepanjang semester I-2014. Laba bersih SCMA naik 29% year on year menjadi Rp 815,67 miliar. 

Pada periode yang sama tahun lalu, laba SCMA sebesar Rp 632,17 miliar. Laba per saham SCMA juga naik menjadi Rp 55,79 dibandingkan sebelumnya Rp 43,24.

Emiten yang menaungi dua televisi yakni SCTV dan Indosiar ini juga membukukan kenaikan pendapatan sebesar 19,2% menjadi Rp 2,14 triliun dari sebelumnya Rp 1,8 triliun. Profitabilitas SCMA tumbuh signifikan ditopang oleh pendapatan iklan serta adanya efisiensi. 

Seiring ekspansi, beban program dan siaran SCMA juga turut naik menjadi Rp 721,7 miliar dibandingkan sebelumnya Rp 587,48 miliar. SCMA memang menambah beberapa konten siaran di kedua televisinya. 

Margin operasional SCMA naik dari 48,3% menjadi 50,9%. Sementara margin bersih atau net margin melambung menjadi 38% dari sebelumnya 35,1%. 

Laba kotor SCMA masih menanjak naik 17,4% menjadi Rp 1,4 triliun. 

Anak usaha PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) ini memiliki total liabilitas sebesar Rp 2 triliun dengan ekuitas Rp 2,8 triliun. Untuk ekspansinya, SCMA punya total kas dan setara kas yang lumayan besar, mencapai Rp 1,2 triliun.

Sutanto Hartono, Direktur Utama SCMA menargetkan, tahun ini perseroan bisa mengantongi margin laba bersih hingga 40%. Hal itu akan didapatkan dari efisiensi beban siaran, khususnya di anak usahanya, Indosiar. 

SCMA juga menggenjot tambahan konten baru. Targetnya, audience share SCMA bisa mencapai 26%-28%. Saat ini, sebagian besar pendapatan SCMA banyak disumbang dari televisi SCTV. Nah, nantinya, Indosiar diharapkan bisa menyumbang 40% dari total pendapatan SCMA. Harapannya momen Lebaran juga akan mendorong pendapatan iklan lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
BOOST YOUR DIGITAL STRATEGY: Maksimalkan AI & Google Ads untuk Bisnis Anda! Business Contract Drafting

[X]
×