kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Semakin Trending, Apa Itu NFT? Simak Juga Jenis & Cara Jual-Beli


Jumat, 31 Desember 2021 / 09:38 WIB
Semakin Trending, Apa Itu NFT? Simak Juga Jenis & Cara Jual-Beli
ILUSTRASI. Semakin Trending, Apa Itu NFT? Simak Juga Jenis & Cara Jual-Beli


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Tahun 2021, dunia investasi heboh dengan sejumlah uang kripto. Harga uang kripto Bitcoin, Ethereum, Dogecoin hingga Shiba Inu sempat melambung ke level tertinggi. Namun, dibalik lonjakan harga Bitcoin, investor juga semakin menggemari NFT. Apa itu NFT?

NFT adalah singkatan dari Non Fungible Token. NFT adalah produk investasi turunan dari kripto.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, NFT adalah aset digital yang berbasis teknologi blockchain yang diperdagangkan di pasar kripto. Menurut dia, NFT menawarkan imbal hasil yang cukup baik bagi orang yang memiliki pamor yang tinggi.

Teranyar, penyanyi Syahrini melalui meluncurkan NTF pertama dengan harga 20 dollar AS.  “NFT itu masuk di bursa kripto, itu turunannya, larinya ke koin, cuma dengan harga yang lebih murah,” kata Ibrahim kepada Kompas.com, Rabu (29/12/2021).

Ibrahim mengatakan, NFT ini diprediksi akan sangat menarik di masa depan. Saat ini ada banyak platform yang memperdagangkan NFT.

Baca Juga: Tahun 2021, Harga Uang Kripto Ini Naik Lebih Tinggi Dari Bitcoin, Bagaimana 2022?

Dia bilang membentuk NFT tidak mudah, namun beberapa sudah mulai menggunakannya untuk transaksi. “Di Yogyakarta, ada perubahan teknologi yang cukup menarik, dan ini membuat turunan kripto ini akan meledak di 2 hingga 3 tahun kedepan. Misalkan, orang mau nonton bola bisa saja pakai NFT,” ujar Ibrahim.

Saat ini ragam jenis NFT banyak digunakan di berbagai industri. Misalkan industri karya seni untuk melindungi seniman dari aksi plagiarisme.

Kemudian juga ada jenis NFT untuk kepemilikan barang koleksi virtual, game berbasis blockchain, jaminan investasi, hingga fashion virtual. Adapun cara membeli NFT tak ubahnya dengan membeli kripto melalui platoform digital, pun demikian dengan cara menjual NFT.

Namun, Anda harus tetap waspada dengan platform yang Anda pilih, dengan memastikan legalitasnya. Yakni dengan memilih platform perdagangan kripto yang terdaftar di bawah pengawasan Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi.

Demikianlah informasi tentang NFT, jenis dan cara jual atau beli. Ingat, NFT adalah produk investasi penuh risiko, pelajari dahulu sebelum membelinya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal Turunan Kripto NFT, Jenis, dan Cara Belinya",


Penulis : Kiki Safitri
Editor : Akhdi Martin Pratama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×