kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selain Open Sea, Ini Marketplace untuk Juali Beli NFT, Asli Buatan Indonesia


Senin, 17 Januari 2022 / 10:18 WIB
Selain Open Sea, Ini Marketplace untuk Juali Beli NFT, Asli Buatan Indonesia
ILUSTRASI. Metaroid Social NFT Marketplace Pertama di Indonesia


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. NFT menjadi cara baru netizen untuk menghasilkan uang di era digital. Simak marketplace di Indonesia yang bisa digunakan untuk menjual NFT berikut ini.

NFT adalah singkatan dari Non Fungible Token. NFT adalah produk investasi turunan dari kripto.

Penjualan NFT mencapai sekitar US$ 25 miliar atau sekitar Rp 357 triliun pada tahun 2021 ketika aset kripto spekulatif meledak dalam popularitas. Di Indonesia, NFT menjadi tren setelah Ghozali menjual koleksi foto selfie dirinya sebagai NFT dengan harga lebih dari Rp 1 milyar.

Diketahui, Ghozali menjual koleksi foto selfie dirinya dalam bentuk NFT di platform OpenSea. OpenSea adalah marketplace global untuk jual beli NFT.

OpenSea berdiri pada 2017 di New York, Amerika Serikat (AS). Selain OpenSea, di Indonesia juga ada marketplace lokal untuk jual beli NFT. Berikut ini adalah daftar marketplace NFT lokal Indonesia,

Baca Juga: Agar Untung Seperti Bitcoin, Ini Cara Memilih Uang Kripto Yang Prospektif

  • Jual Beli NFT di TokoMall

Tokomall adalah salah satu pelopor NFT di Indonesia yang mempunyai konsep unik dan sebagai jembatan dunia digital dengan dunia nyata.  NFT ini mendukung para artis, creator dan merek lokal untuk menduniakan produk mereka. Sesuai dengan motonya yakni jembatan dunia digital dan dunia nyata, TokoMall membuat NFT dapat menebus barang fisik dari mitra eksklusifnya.

  • Jual Beli NFT di Paras.id

Marketplace NFT ini dibangun di atas teknologi blockchain yang menawarkan kepemilikan sejati dan kelangkaan digital. Paras menggunakan cryptocurrency NEAR sebagai media pertukaran antara pencipta dan kolektor untuk mendukung transaksi lintas batas.

Total pendanaan awal Paras Digital sebesarUS $5 juta atau Rp 7,18 miliar. Adapun investor yang ikut terlibat dalam pendanaan tersebut adalah Black Dragon Capital, Dragonfly Capital, Moonwhale Capital, Digital Renaissance, GFS Ventures, Global Coin Research, OKEx Blocdream Ventures, serta beberapa venture capital dan angel investor lainnya.

  • Jual Beli NFT di Enevti

Enevti adalah platform terdesentralisasi yang dapat membantu para penggemar berhubungan nyata dengan para influencer mereka. Di Enevti, NFT bisa ditebus dengan protocol pembiayaan creator. Dengan adanya Enevti, hubungan fans dengan creator favorit mereka menjadi lebih dalam dan nyata.

  • Jual Beli NFT di Kolektibel

Jika Anda adalah penggemar atau pemain basket maka, pilihlah IBL NFT Marketplace. NFT IBL (Indonesia Basketball League) adalah suatu platform dokumentasi dari aksi-aksi terbaik dari para pemain basket IBL selama berlaga di lapangan pada kompetisi musim 2021. Nah, aksi-aksi ini nantinya dikelola lalu dijadikan sebagai merchandise. Setiap produk NFT IBL mempunyai keunikan dan karakteristik sendiri.

  • Jual Beli NFT di Baliola

Baliola adalah proyej kepeng.io cryptocurrency berbasis teknologi blockchain yang menjual berbagai produk seniman Bali dengan mekanisme NFT. Baliola ini diinkubasi oleh Badan Ekonomi Kreatif Denpasar. Nantinya, Baliola di desain tidak hanya menjual produk seniman saja melainkan juga setiap user yang menjadi penjual akan divalidasi terlebih dahulu dan dibuatkan halaman sendiri. Sehingga, para penjual bisa membuat etalase produk-produknya sendiri. Situs resminya ada di babiola.com

  • Jual Beli NFT di Artsky

Terakhir ada Artsky, platform NFT Marketplace terdesentralisasi yang menghubungkan antara penjual dan pembeli secara langsung. Artsky sangat mendukung banyak orang yang mempunyai ide-ide dan ketrampilan digital kreatif untuk menghasilkan uang.
Artsky menaungi berbagai bidang seni yaitu gravity, digital art, video, music, painting, photo dan masih banyak lagi. Untuk mendukung marketplacenya, Artsky selain masuk ke NFT,  juga mengerjakan beberapa proyek gim, DeFi, metaverse dan juga decommerce. 

  • Jual Beli NFT Metaroid

Metaroid adalah NFT Marketplace dengan fitur media sosial pertama di Indonesia yang menjadi wadah apresiasi karya digital yang terdesentralisasi menciptakan sebuah ekosistem yang dapat menghubungkan pengguna sebagai pencari karya digital, pencipta karya digital, hingga korporat berinteraksi dan bertransaksi karya digital tersebut. 

Berbeda dari platform NFT lainnya, satu NFT yang dicetak di Metaroid akan dibuat menjadi sebuah folder yang terdiri dari seluruh dokumen lisensi berserta dengan karyanya.

Cara membuat, membeli dan menjual NFT di Open Sea

Dilansir dari Kompas.com, NFT biasanya diperdagangkan melalui skema lelang yang dapat dijumpai pada beberapa situs online, salah satunya yakni OpenSea. Secara sederhana, OpenSea adalah marketplace atau pasar dimana pemilik NFT atau penjual dan kolektor atau pembeli dapat bertransaksi.

OpenSea adalah tempat jual-beli NFT pertama dan terbesar di dunia. OpenSea memiliki 300.000 pengguna dengan lebih dari 34 juta NFT, yang terdiri dari berbagai macam barang, seperti foto, video, dan sebagainya. Mayoritas penjual dan pembeli di OpenSea menggunakan mata uang kripto berjenis Ethereum untuk bertransaksi.

Untuk mulai bertransaksi di OpenSea, baik itu menjual atau membeli, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu, dan sebelum bisa mendaftarkan akun di OpenSea, Anda harus memiliki dompet digital mata uang kripto. Fungsi dompet digital itu hampir mirip dengan layanan Gopay, Shopeepay, atau OVO. Dompet digital mata uang kripto berfungsi untuk mengonversi uang Anda menjadi uang kripto.

Cara membuat akun OpenSea untuk transaksi NFT

Sebelum mulai bertransaksi, Anda harus mendaftarkan akun dulu di OpenSea. Berikut cara daftar akun OpenSea:

  1. Buka tautan berikut ini https://opensea.io, bisa lewat browser laptop atau ponsel, sesuaikan dengan di mana Anda telah menginstall dompet digital. Kali ini, OpenSea dibuka melalui browser Google Chrome di laptop
  2. Untuk mulai daftar akun OpenSea, Klik ikon dompet atau ikon foto profil, kemudian pilih opsi “Connect Wallet”
  3. Pilih dompet digital yang telah Anda gunakan, misalnya MetaMask
  4. Kemudian, buka extension MetaMask yang telah Anda install di Google Chrome dengan klik ikon puzzle yang biasa berada di samping kolom pencarian situs.
  5. Lalu, klik opsi “Connect Wallet” Kemudian, dompet digital MetaMask Anda bakal terhubung ke OpenSea
  6. Selanjutnya, klik opsi “Account” kemudian klik opsi “Profile” untuk melakukan pengaturan profil Anda di OpenSea
  7. Masukkan username, alamat e-mail Anda, dan sebagainya kemudian klik opsi “Save”
  8. OpenSea bakal mengirim pesan ke alamat e-mail Anda Buka pesan tersebut untuk memverifikasi permintaan pembuatan akun OpenSea.
  9. Anda kini telah memiliki akun OpenSea dan siap untuk menjual serta membeli NFT di marketplace ini.

Cara membuat dan menjaul NFT

Untuk bisa menjual NFT, Anda perlu memiliki NFT terlebih dahulu. Apabila belum memilikinya Anda bisa membuat NFT dengan cara sebagai berikut:

Cara membuat NFT di OpenSea

  1. Pertama pada halaman awal OpenSea, klik opsi “Create” Masukkan atau unggah file yang ingin Anda jadikan NFT, bisa berupa gambar, foto, video, dan sebagainya.
  2. Masukkan nama NFT dan beberapa pengaturan lainnya, seperti pengaturan sebagai konten dengan muatan sensitif dan pengaturan blockchain yang bakal Anda gunakan.
  3. Apabila telah selesai mengatur klik opsi “Create” yang berada di bagian bawah halaman OpenSea.
  4. Dengan begitu, NFT Anda sudah siap untuk dijual.

Cara menjual NFT di OpenSea

  1. Buka opsi “My Collection” dengan mengetuk ikon foto profil yang berada di pojok kanan atas halaman OpenSea
  2. Pilih NFT Anda, kemudian klik opsi “Sell”
  3. Pilih skema penjualan yang bakal Anda gunakan. Apabila ingin menjual langsung klik opsi “Fixed Price”, sedangkan untuk skema lelang klik opsi “Time Auction”
  4. Masukkan harga NFT dengan mata uang kripto Ethereum yang Anda inginkan
  5. Anda juga bisa mengatur berapa lama Anda bakal menjual NFT tersebut di kolom “Duration”
  6. Setelah selesai mengatur, klik opsi “Complete Listing”.
  7. Kemudian, OpenSea bakal membuka extension MetaMask Anda untuk melakukan konfirmasi pendaftaran penjualan NFT.

Perlu diketahui, untuk bisa mengkonfirmasi penjualan NFT, Anda harus memiliki setidaknya saldo sebesar 0,05 Ethereum di MetaMask. Kemudian, setiap transaksi di OpenSea bakal ada biayanya sebesar 2,5 persen yang diambil dari hasil penjualan NFT. Anda juga bisa memperoleh royalti dari hasil penjualan NFT hingga maksimal 10 persen.

Cara membeli NFT di OpenSea

Selain menjual, Anda juga bisa membeli NFT yang tersedia di OpenSea. NFT tersebut dapat Anda simpan dan dijual lagi dikemudian hari.

Beberapa orang juga menganggap bahwa membeli NFT sama dengan investasi, mengingat harganya bisa melambung. Cara membeli NFT di OpenSea sangat mudah. Apabila Anda berminat, simak cara membeli NFT di OpenSea berikut ini:

Cara Membeli NFT di OpenSea

  1. Pastikan bahwa Anda memiliki saldo dompet digital mata uang kripto dan telah terhubung dengan OpenSea
  2. Buka tautan berikut ini https://opensea.io
  3. Pastikan bahwa Anda telah login ke akun OpenSea Anda
  4. Kemudian, cari NFT yang ingin Anda beli Klik opsi “Explore” yang ada di halaman awal OpenSea
  5. Setelah menemukan NFT yang cocok, apabila NFT menggunakan skema lelang klik opsi “Place Bid” kemudian masukkan penawaran harga Ethereum Anda
  6. Tunggu hingga waktu lelang selesai apabila mendapatkannya silahkan klik opsi “Checkout” dan konfirmasi pembayaran Anda melalui dompet digital mata uang kripto
  7. Apabila menggunakan skema jual langsung, klik opsi “Buy Now” kemudian klik opsi “Checkout” dan lakukan konfirmasi pembayaran lewat dompet digital mata uang kripto milik Anda.

Itulah daftar market place NFT buatan lokal di Indonesia dan cara membuat, menjual serta membeli NFT di Open Sea. Anda siap berinvestasi secara digital melalui NFT?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×