kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejumlah emiten siap menerbar dividen, mana yang paling menarik?


Rabu, 10 Juni 2020 / 20:43 WIB
Sejumlah emiten siap menerbar dividen, mana yang paling menarik?
ILUSTRASI. Sejumlah emiten bersiap menebar berkah dividen kepada pemegang saham.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah emiten bersiap menebar berkah dividen kepada pemegang saham. Emiten-emiten ini datang dari bermacam sektor dengan jumlah dan yield yang beragam.

Dari sektor konstruksi, PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) siap menebar dividen senilai Rp 457 miliar atau 50,95 per saham. Sementara PT PP Tbk (PTPP) akan membagikan dividen sebesar Rp 209,32 miliar atau setara 22,5% dari laba bersih tahun lalu.

PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) juga akan membagikan dividen ke pemegang sahamnya senilai Rp 95 miliar dengan dividen Rp 49 per saham.

Emiten pertambangan batubara, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) juga memutuskan untuk membagikan dividen tahun buku 2019 sebesar Rp 3,65 triliun. Dengan demikian, rasio pembayaran dividen (dividend payout ratio) PTBA mencapai 90% dari total laba bersih tahun 2019 yang mencapai Rp 4,1 triliun.

Baca Juga: Bersiap ketiban berkah, emiten-emiten ini bakal tebar dividen ke pemegang saham

Lantas, manakah dividen yang menarik dan patut dikejar menurut analis?

Senior Vice President Research Kanaka Hita Solvera, Janson Nasrial mengatakan, biasanya ketika pasar saham sedang dalam tren bearish, dividend yield yang dihasilkan suatu saham sudah pasti cenderung tinggi karena harga sahamnya ikut turun.

Janson bilang, ketika kondisi pasar normal, yield dividen IHSG biasanya hanya berkisar 2%-3%. “Kalau sekarang jadi tinggi, sekitar 5%-6% seiring dengan penurunan harga saham dengan catatan dividend payout ratio-nya tidak berubah," terang Janson kepada Kontan.co.id, Rabu (10/6).

Baca Juga: Link Net (LINK) membagikan dividen Rp 491,99 miliar, ini jadwalnya

Meski demikian, sepengamatan Janson emiten sektor pertambangan selalu memiliki yield dividen yang tinggi sekalipun kondisi ekonomi sedang bagus maupun tidak. Sebab, secara historis dividend payout ratio sektor pertambangan (khususnya batubara) paling tinggi diantara sektor lain.

Janson melanjutkan, emiten yang bergerak di sektor rokok juga termasuk dalam saham pemberi dividend payout ratio yang tinggi. Sehingga, Janson menyimpulkan yield dividen selain saham sektor mining/batubara ataupun emiten sektor rokok dinilai kurang menarik.

“Jadi, dalam hal ini hanya PTBA yang dividend yield-nya menarik. Ya karena sederhananya secara historis dividend payout ratio-nya selalu tinggi,”pungkas Janson.

Baca Juga: Simak jadwal dividen tunai Waskita Karya (WSKT) yang dibagi bulan ini

Senada, Presiden Direktur CSA Institute Aria Santoso menilai, di antara emiten–emiten yang akan menebar dividen, saham PTBA cukup menarik dengan tawaran dividend yield yang besar. Namun, Aria memperingatkan investor akan adanya kemungkinan harga saham yang anjlok saat ex-date.

“Bagi yang hold jangka panjang bisa tetap tenang dan menyimpan untuk adanya capital gain lagi secara jangka panjang,” ujar Aria kepada Kontan.co.id, Rabu.

Dengan besaran dividen Rp 3,65 triliun, maka dividen Bukit Asam sekitar Rp 316,8 per saham. Hari ini, saham PTBA ditutup melemah 0,84% ke level Rp 2.370. dengan demikian, maka estimasi yield dividen PTBA untuk tahun buku 2019 sebesar 13,36%.

Baca Juga: Lautan Luas (LTLS) membagi dividen dengan yield 7,14%, catat jadwalnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×