kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sariguna Primatirta (CLEO) Targetkan Bangun 3 Pabrik Baru di Tahun 2024


Sabtu, 20 Januari 2024 / 10:55 WIB
Sariguna Primatirta (CLEO) Targetkan Bangun 3 Pabrik Baru di Tahun 2024
ILUSTRASI. Sariguna Primatirta (CLEO) akan membangun 3 pabrik baru di tahun 2024


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) bersiap kembali memperkuat kinerjanya pada 2024 melalui sejumlah agenda ekspansi bisnis.

Presiden Direktur Sariguna Primatirta Melisa Patricia mengatakan, sepanjang 2023 lalu pihaknya menggelontorkan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) senilai Rp 300 miliar. Dana tersebut dipakai untuk membangun pabrik baru, menambah mesin, dan memperkuat jaringan distribusi.

CLEO berhasil menambah empat pabrik air minum baru pada tahun lalu, yang berlokasi di Lampung, Palangkaraya, Palembang, dan Manado. Alhasil, saat ini CLEO mengoperasikan 32 pabrik air minum, sehingga diklaim sebagai produsen air minum dalam kemasan (AMDK) dengan pabrik terbanyak di Indonesia.

Memasuki 2024, CLEO kembali mengucurkan capex berjumlah Rp 300 miliar untuk membangun tiga pabrik air minum baru di Palu, Pontianak, dan Pekanbaru. Pembangunan pabrik ini disertai dengan penambahan armada dan cabang-cabang distribusi.

Ekspansi yang agresif ini dilakukan CLEO demi memaksimalkan pertumbuhan pasar AMDK di luar Pulau Jawa. Lantas, pihak CLEO optimistis dapat memenuhi target pertumbuhan dobel digit pada top line dan bottom line pada 2024.

Baca Juga: Tahun Ini, CLEO Jadi Produsen AMDK dengan Pabrik Terbanyak di Indonesia

"Dalam 5 tahun terakhir, CLEO terus mencatatkan pertumbuhan penjualan dobel digit, melebihi rata-rata pertumbuhan industri AMDK yang hanya sekitar 5%," kata Melisa pada Rabu (17/1).

Berkaca pada laporan keuangan, penjualan bersih CLEO tumbuh 13,86% year on year (yoy) menjadi Rp 1,15 triliun per kuartal III-2023. Pada saat yang sama, laba bersih periode berjalan CLEO meningkat 35,69% yoy menjadi Rp 204,82 miliar.

Secara umum, Manajemen CLEO menganggap prospek industri AMDK masih cukup menjanjikan secara jangka panjang. Hal ini seiring dengan aktivitas masyarakat di luar ruangan yang sudah mulai normal serta kesadaran masyarakat dalam memilih air minuman dalam kemasan yang sehat, sehingga meningkatkan permintaan produk CLEO.

Momen Tahun Politik

Keberadaan momen Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Ramadan yang berlangsung pada semester I-2024 diyakini akan berdampak positif bagi permintaan produk-produk AMDK CLEO di pasar.

Keberadaan Pilpres akan memacu peningkatan mobilitas masyarakat di luar ruangan melalui aktivitas kampanye, sedangkan Ramadan akan mendorong tumbuhnya aktivitas berkumpul bersama dalam rangka silaturahmi. Keduanya sama-sama membutuhkan suplai air minum berkualitas.

Untuk menyikapi potensi tingginya permintaan, CLEO memastikan kapasitas seluruh pabrik air minumnya dalam keadaan aman. Bisnis CLEO juga didukung oleh ribuan armada distributor sehingga produk-produk perusahaan tersebut dapat menjangkau kota-kota kecil dan menengah di Indonesia.

 

CLEO juga berinovasi mengembangkan produk baru dengan kualitas tinggi yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Jelang akhir 2023 lalu, CLEO meluncurkan produk Galon Nusantara berukuran 12,8 liter yang dapat dibawa ke luar ruangan. Perusahaan ini juga telah merilis Cleo Platine Sparkling Water yang cocok untuk dikonsumsi saat kegiatan luar ruangan.

Tidak hanya itu, untuk memaksimalkan peluang penjualan, CLEO telah merancang program pemasaran online yang agresif. Salah satunya berkolaborasi dengan Key Opinion Leader (KOL) terkemuka seperti Denny Sumargo dan Nikita Willy.

Kerja sama dengan KOL akan membantu CLEO dalam memperluas jangkauan audiens dan membangun koneksi lebih erat dengan konsumen.

"Kami juga berpartisipasi dalam acara-acara kuliner yang diintegrasikan sebagai bagian dari strategi pemasaran produk perusahaan," ujar Melisa.      

Selanjutnya: Rusia: Semua Rencana Perdamaian Ukraina Tidak Ada Gunanya

Menarik Dibaca: Anti Stres, 5 Makanan Ini Bisa Bantu Kurangi Stres Berlebih Loh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×