kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sampoerna (HMSP) Luncurkan IQOS Iluma, Getol Garap Produk Tembakau Bebas Asap


Senin, 20 Februari 2023 / 19:28 WIB
Sampoerna (HMSP) Luncurkan IQOS Iluma, Getol Garap Produk Tembakau Bebas Asap
ILUSTRASI. Peluncuran produk tembakau bebas asap IQOS Iluma dari?HM Sampoerna (HMSP).


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) getol mendiversifikasi bisnis ke produk tembakau bebas asap. Terbaru, di segmen ini HMSP meluncurkan IQOS Iluma, kelanjutan dari seri IQOS Club.

Presiden Direktur HM Sampoerna, Vassilis Gkatzelis mengungkapkan, IQOS Iluma merupakan produk unggulan dalam portofolio dari entitas anak Philip Morris Indonesia (PMI) ini. Indonesia menjadi negara pertama untuk peluncuran IQOS Iluma di Asia Tenggara.

"Kami percaya, para perokok dewasa yang memutuskan untuk terus menggunakan produk tembakau seyogyanya memiliki akses  terhadap inovasi dan teknologi paling mutakhir untuk alternatif yang lebih baik dibandingkan dengan terus merokok," ungkap Vassilis dalam acara yang digelar Senin (20/2).

Baca Juga: HM Sampoerna (HMSP) Luncurkan Tembakau Bebas Asap di 10 Kota Besar di Indonesia

Vassilis menerangkan, IQOS Iluma merupakan hasil inovasi berbasis sains dan teknologi paling mutakhir untuk produk tembakau bebas asap. Dia mengklaim IQOS Iluma mengurangi paparan zat kimia berbahaya atau berpotensi berbahaya hingga rata-rata 90%-95% lebih  rendah dibandingkan dengan asap rokok.

Hal itu karena IQOS Iluma memanaskan batang tembakau yang menggunakan daun tembakau asli tanpa pembakaran. Sehingga tidak menghasilkan api, abu, dan asap. Adapun teknologi terbaru pada IQOS Iluma adalah Smartcore Induction System.

Berbeda dari IQOS generasi sebelumnya, Smartcore Induction System memanaskan tembakau tanpa bilah pemanas. Sehingga perangkat ini bisa lebih konsisten tanpa residu tembakau dan tanpa perlu dibersihkan. 

IQOS Iluma secara eksklusif digunakan dengan batang tembakau bermerek dagang TEREA Smartcore Sticks yang memiliki sembilan varian. HMSP memasarkan tiga tipe perangkat yaitu IQOS Iluma, IQOS Iluma One, dan IQOS Iluma Prime.

Baca Juga: HM Sampoerna (HMSP) Berikan Pinjaman Rp 191,95 Miliar ke Entitas Anak

Produk ini telah tersedia di gerai IQOS dan IQOS.com. Peluncuran IQOS Iluma masih terbatas di 10 kota besar di Indonesia. IQOS sebelumnya sudah diperkenalkan melalui skema uji pasar sejak tahun 2019 di 10 kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, Denpasar, Bandung, Medan, Pekanbaru, Palembang, Makassar, Balikpapan, dan Samarinda. 

Vassilis mengungkapkan, pengembangan produk alternatif sigaret ini sudah dirintis oleh PMI sebagai strategi transformasi bisnisnya. Sejak  tahun 2008, PMI  telah  berinvestasi  lebih  dari  US$ 10,5 miliar dalam pengembangan, penelitian, produksi, pemasaran, dan inovasi berkelanjutan bagi produk tembakau inovatif bebas asap.

Vassilis menyampaikan komitmen HM Sampoerna dalam investasi berkelanjutan dan penciptaan nilai ekonomi jangka panjang di Indonesia, khususnya di ekosistem industri hasil tembakau. Sampoerna memiliki 7 fasilitas  produksi yang  dioperasikan secara langsung, termasuk pabrik produk bebas asap di Karawang yang baru diresmikan awal tahun ini.

Baca Juga: Emiten Sektor Rokok Didukung Kuatnya Daya Beli, Cek Rekomendasi Sahamnya

Sekadar mengingatkan, Pabrik HEETS di Karawang itu mulai dibangun sejak akhir 2021 dan sudah beroperasi pada kuartal IV 2022. Diresmikan pada 12 Januari 2023 lalu, investasi untuk pabrik HEETS ini menelan dana lebih dari US$ 186 juta.

Pabrik tersebut difokuskan untuk memenuhi permintaan pasar domestik dan pasar ekspor di kawasan Asia Pasifik. Pabrik HEETS di Indonesia merupakan fasilitas produksi PMI untuk produk tembakau bebas asap yang pertama di Asia Tenggara dan ketujuh di dunia.

Hanya saja, Vassilis belum membeberkan secara rinci mengenai target bisnis dan kontribusi segmen produk tembakau bebas asap ini bagi kinerja HMSP. Adapun, laporan kinerja keuangan HMSP tahun buku 2022 baru akan dirilis pada Maret 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×