kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Salim Group gandeng Medco untuk akuisisi 60% saham Hyflux Ltd dari Singapura


Kamis, 18 Oktober 2018 / 20:49 WIB
Salim Group gandeng Medco untuk akuisisi 60% saham Hyflux Ltd dari Singapura
ILUSTRASI. Salim Group


Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. SM Investments Pte Ltd, sebuah konsorsium yang terdiri dari Salim Group dan Medco Group melakukan perjanjian investasi dengan Hyflux Ltd (Hyflux) dengan dana sebesar S$ 560 juta pada Kamis (18/10).

Penandatanganan perjanjian ini menandai dimulainya babak baru bagi bisnis wirausaha di Singapura untuk SM Investments dan Hyflux.

Dari total dana S$ 560 juta, perinciannya sebesar S$ 400 juta digunakan untuk mengakuisisi 60% saham Hyflux. Sementara S$ 130 juta akan diberikan sebagai pinjaman untuk Hyflux dan sisanya sebesar S$ 30 juta akan dipakai sebagai modal kerja Hyflux.

Anthony Salim, pemimpin Grup Salim mengungkapkan, pihaknya memiliki pendekatan paling holistik untuk merevitalisasi Hyflux.

"Kami mengambil pendekatan jangka panjang dengan investasi kami untuk mengarahkan Hyflux menuju jalur pertumbuhan yang berkelanjutan. Kami melihat potensi yang luar biasa untuk bersinergi dengan Hyflux dalam mengembangkan peluang bisnis yang ada dalam konsorsium ini. Kami akan bekerja dengan Hyflux untuk menjaga aset andalannya, mengingat pentingnya perusahaan ini di Singapura," ujar Anthony dalam siaran pers Kamis (18/10).

Ia melanjutkan, SM Investments memiliki rekam jejak yang kuat dalam menjalankan bisnis yang sukses dan dikelola dengan baik di seluruh Asia Tenggara dan dunia bagian lain.

"Kami juga memiliki pengalaman yang cukup luas dalam mengelola dan mengoperasikan air, utilitas listrik, pembangkit listrik, aset distribusi, serta minyak dan gas terutama di pasar Asia Tenggara yang memang paling kompleks dan terbesar," imbuhnya.

Sementara Arifin Panigoro, Pendiri
Medco Group menyatakan, pihaknya sangat antusias untuk bermitra dengan Hyflux maupun dengan Salim Group.

"Ini merupakan potensi bisnis yang sangat besar.Tujuan dari perjanjian konsorsium ini adalah untuk mengembangkan lebih lanjut Hyflux dan memanfaatkan potensinya dalam integrasi sistem dan optimalisasi air bersih dan pengelolaan limbah serta pembangkit listrik," tandasnya.

Lebih lanjut Arifin mengatakan, dengan pengalaman perusahaan dalam memiliki dan mengoperasikan bisnis energi, energi terbarukan, utilitas dan gas di seluruh Asia Tenggara, ia yakin dapat memberikan sumbangan yang positif bagi Hyflux.

Olivia Lum, Executive Chairman dan Group Chief Executive Officer Hyflux menambahkan, setelah melalui proses seleksi yang ketat, Dewan Direksi dengan suara bulat memilih SM Investments sebagai investor strategis untuk Grup Hyflux.

"Dengan kekuatan keuangan kelompok Salim dan MedcoGrup, serta pengalaman gabungan konsorsium dalam utilitas air, pembangkit listrik dan proyek infrastruktur, maka kami percaya bahwa kemitraan ini akan meningkatkan Hyflux ke tingkat yang berbeda dan membuka peluang pertumbuhan baru yang belum dimanfaatkan untuk kami," imbuhnya

Ia optimistis dengan kerjasama ini akan membawa SM Investments dan Hyflux mencapai kemajuan dan memainkan peran yang lebih besar dalam ruang infrastruktur khususnya di Singapura dan Asia Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×