kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,34   -4,90   -0.49%
  • EMAS1.138.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saingi Indeks LQ45, Ini Saham Pelat Merah yang Layak Diangkut dari Indeks BUMN20


Senin, 21 Agustus 2023 / 16:51 WIB
Saingi Indeks LQ45, Ini Saham Pelat Merah yang Layak Diangkut dari Indeks BUMN20
ILUSTRASI. Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (2/8/2023). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,46 persen atau 31,9 poin ke level 6.854 pada akhir perdagangan. Berdasarkan data Bloomberg, sebanyak 215 saham menguat, 342 saham melemah, dan 191 saham stagnan hari ini.Tribunnews/Jeprima


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kisruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Karya, belum mampu menggoyah saham pelat merah lainnya. Beberapa emiten bahkan dinilai punya prospek yang cerah. 

Salah satu emiten BUMN yang sedang menjadi sorotan ialah PT Waskita Karya Tbk (WSKT). Emiten konstruksi ini dengan menghadapi masalah keuangan akibat beban utang yang menumpuk.  

Imbasnya, Bursa Efek Indonesia (BEI) menggembok sementara perdagangan saham Waskita Karya sejak 8 Mei 2023. WSKT juga didepak dalam indeks BUMN20. 

Baca Juga: BUMN Karya & Konstruksi Babak Belur, Bank & Telekomunikasi Penopang Grup Pelat Merah

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus mengatakan sedikit banyak kasus WSKT akan memberikan dampak negatif bagi sektor konstruksi. 

"Kalau BUMN di sektor yang lain, bukan tidak ada sama sekali dampaknya tapi kecil karena sama-sama milik pemerintah," ujar Nico saat dihubungi Kontan, Minggu (20/8). 

Fajar Dwi Alfian, Investment Analyst Infovesta Kapital Advisori, menyebut sentimen negatif akibat kasus Waskita hanya terbatas pada BUMN sektor konstruksi saja.

Baca Juga: Kinerja Emiten Kerek Laju Indeks Saham BUMN "Setiap sektor punya sentimennya sendiri. Sementara BUMN sektor lain yang masih bisa mencetak pertumbuhan kinerja," jelas dia. 

Masih Layak Angkut

Jika dipersempit, indeks BUMN20 berhasil melaju sepanjang tahun berjalan ini. Indeks kumpulan saham emiten milik pemerintah ini sudah menguat 1,45% per Senin (21/8).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Strategi Digital Marketing 2024 Menguasai Perubahan dan Meningkatkan Konversi #BisnisJangkaPanjang #TanpaCoding #PraktekLangsung Mastering Capital Budgeting

[X]
×