kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,43   -4,30   -0.45%
  • EMAS1.029.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Saham Winner Nusantara (WINR) Melesat 35% di Awal Perdagangan, Simak Profil Bisnisnya


Senin, 25 April 2022 / 10:36 WIB
Saham Winner Nusantara (WINR) Melesat 35% di Awal Perdagangan, Simak Profil Bisnisnya
Pencatatan perdana saham PT Winner Nusantara Jaya Tbk (WINR) di Bursa Efek Indonesia (24/4/2022).


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Winner Nusantara Jaya Tbk resmi menjadi perusahaan tercatat ke-18 di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2022. Emiten yang bergerak di sektor properti & real estate bersandi saham WINR ini menjadi emiten ke-784 yang tergabung di BEI.

Dalam hajatan penawaran umum perdana alias Initial Public Offering (IPO) ini, WINR melepas sejumlah 1,5 miliar saham kepada publik. Besaran saham itu setara dengan 28,65% dari modal ditempatkan dan disetor penuh, dengan harga Rp 100 per saham. 

Harga saham WINR dibuka menguat 30% ke Rp 130 di awal perdagangannya. Merujuk data dari RTI Business, saham WINR sudah naik 35 poin atau melesat 35% ke Rp 135 hingga pukul 09.35 WIB.

Direktur Utama Winner Nusantara Jaya, Yusmen Liu, membeberkan perusahaan ini didirikan pada tahun 2007, yang kemudian berkembang menjadi developer di daerah Batam. WINR pun terus melakukan ekspansi ke wilayah lain meliputi Jabodetabek, Palembang, dan Kalimantan.

Baca Juga: Melantai Hari Ini (25/4), IPO Winner Nusantara Jaya (WINR) Oversubscribed 64,2 Kali

"Kami mengkhususkan diri dalam bidang properti dan real estate. Berkomitmen menjadi salah satu pengembang terpercaya di Idonesia, dengan memiliki standar terdepan di industri, inovasi, ketepatan waktu dan nilai investasi yang tinggi baik bagi pemegang saham maupun konsumen," kata Yusmen Liu dalam seremoni IPO yang digelar secara virtual, Senin (25/4).

Adapun dalam proses IPO ini PT Artha Sekuritas Indonesia ditunjuk sebagai penjamin pelaksana emisi efek (underwriter). PT Winner Nusantara Jaya Tbk pun telah mendapatkan izin efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 14 April 2022.

Selama masa penawaran umum tanggal 19 – 21 April 2022, saham WINR mendapatkan minat yang cukup positif dari para investor. Seluruh saham yang ditawarkan dapat terserap dengan baik, bahkan mengalami kelebihan permintaan (oversubscribe) hingga 64,2 kali dari nilai penjatahan terpusat.

Yusmen Liu menjelaskan, corporate action berupa IPO ini merupakan langkah WINR untuk mendukung sumber pendanaan dalam mengembangkan usaha, supaya target yang telah ditetapkan dapat terealisasi. Selain itu, tujuan IPO juga untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas agar WINR memiliki Good Corporate Governance (GCG) yang baik.

Dana yang diperoleh sebesar Rp 150 miliar setelah dikurangi dengan biaya IPO, sebagian besar akan digunakan WINR untuk pembelian lahan. Yusmen Liu membeberkan, sekitar Rp 100 miliar akan digunakan untuk pembelian tanah seluas sekitar 10 hektar di wilayah kota Batam dan sekitar Rp 30 miliar untuk pembelian tanah di wilayah Bogor seluas sekitar 7.000 meter.

Pembelian tanah tersebut akan meningkatkan jumlah land bank yang telah dimiliki WINR saat ini, sehingga dapat mendukung rencana ekspansi di masa yang akan datang. Sedangkan sisa dana hasil IPO akan digunakan untuk modal kerja Perseroan dan Entitas Anak.

Selain penambahan jumlah persediaan tanah, dana yang diperoleh dari hasil IPO itu juga akan membuat struktur permodalan WINR semakin sehat. 

"Seiring dengan pemulihan kondisi perekonomian di Indonesia serta membaiknya situasi pandemi covid-19, kami optimis Perseroan dapat mencapai target yang telah ditetapkan selama lima tahun ke depan," ujar Yusmen Liu dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Senin (25/4).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×