kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45979,15   -10,44   -1.05%
  • EMAS999.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Saham PTBA TINS ANTM PGAS Bayar Dividen Jumbo, Mana yang Bagus Dibeli?


Senin, 30 Mei 2022 / 07:54 WIB
Saham PTBA TINS ANTM PGAS Bayar Dividen Jumbo, Mana yang Bagus Dibeli?
ILUSTRASI. Saham PTBA TINS ANTM PGAS Dll Bayar Dividen Jumbo, Siapa Yang Bagus Dibeli?


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembayaran dividen saham dengan nilai sangat besar akan dilakukan oleh sejumlah emiten seperti PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Timah Tbk (TINS), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS)  dan lain-lain (dll). Lalu, dari emiten yang akan bayar dividen tersebut, saham apa yang paling bagus untuk dibeli?

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) akan menebar 100% laba bersih tahun buku 2021 sebagai dividen. Adapun, PTBA membukukan laba bersih senilai Rp 7,90 triliun sepanjang tahun lalu.

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) juga bakal membagikan 50% dari laba bersih 2021 untuk dividen. Nilainya mendekati Rp 1 triliun, tepatnya sebesar Rp 930,87 miliar.

PT Timah Tbk (TINS), yang berencana membayar dividen sebesar 35% dari laba bersih tahun lalu dengan jumlah Rp 455 miliar.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) bakal membagikan dividen tahun buku 2021 sebesar US$ 205.955.966 setara Rp 3,016 triliun atau Rp 124,42 per lembar saham

Kepala Riset Praus Capital, Alfred Nainggolan, mengatakan, emiten BUMN memberikan dividen payout ratio yang sangat tinggi untuk tahun buku 2021. Menurut Alfred, pembayaran dividen yang besar ini menjadi katalis positif untuk saham-saham emiten BUMN.

"Hasil ini akan memberikan ekspektasi bagi investor terhadap potensi dividen untuk tahun buku 2022, apalagi dengan realisasi laba bersih 2022 yang lebih tinggi dibandingkan 2021," terangnya pada Kontan, Minggu (29/5).

Baca Juga: Prediksi IHSG Hari Ini Senin (30/5) Masih Berpotensi Naik, Waspadai Profit Taking

Jika dilihat dari pergerakan sahamnya, saham emiten BUMN seperti PTBA, TINS, dan ANTM juga menjadi pendorong kinerja indeks BUMN20. Alfred bilang, emiten BUMN berbasis komoditi mendapat sentimen dari harga komoditi yang solid di sepanjang tahun 2022 dan hal tersebut terealisasi dalam performa mereka di kuartal I 2022 ini.

Saham BUMN Perbankan juga sama, ia menambahkan, performa kuartal I-2022 dari emiten perbankan in line dengan pertumbuhan penyaluran kredit perbankan juga mendorong aksi beli oleh investor terkhusus investor asing.

Alfred melihat, masih terdapat saham BUMN yang memiliki valuasi menarik dan fundamental yang bagus, seperti PGAS, KRAS, BUMN Perbankan, dan dari emiten komoditi.

Sementara itu, untuk saham BUMN di sektor farmasi, semen, dan karya dalam jangka pendek masih cukup berat oleh sentimen makro dan juga valuasi yang masih tinggi.

Adapun sentimen negatif untuk saham emiten BUMN masih berasal dari sentimen makro yaitu kebijakan kenaikan suku bunga The Fed.

Dari jajaran saham BUMN, Alfred rekomendasi saham PGAS dengan TP Rp 2.240, KRAS dengan TP Rp 560, BBRI dengan TP di Rp 5.125, dan TLKM dengan TP Rp 5.080.

Itulah rekomendasi saham pilihan untuk trading hari ini, Senin 30 Mei 2022. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×