kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.344.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saham AS Rebound, Nasdaq Catatkan Rekor Tertinggi Mingguan Lima Kali Berturut-turut


Minggu, 26 Mei 2024 / 07:10 WIB
Saham AS Rebound, Nasdaq Catatkan Rekor Tertinggi Mingguan Lima Kali Berturut-turut
ILUSTRASI. Eric Yuan, CEO of Zoom Video Communications poses for a photo after he took part in a bell ringing ceremony at the NASDAQ MarketSite in New York, New York, U.S., April 18, 2019. REUTERS/Carlo Allegri


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA – Saham-saham di Amerika Serikat berhasil bangkit pada hari Jumat setelah mengalami penurunan tajam sehari sebelumnya, didorong oleh berita mengenai prospek inflasi konsumen yang membaik. Hal ini membuat Nasdaq mencatatkan kenaikan mingguan kelima berturut-turut dan penutupan tertinggi sepanjang masa.

Departemen Perdagangan AS melaporkan bahwa pesanan baru untuk barang modal buatan AS meningkat lebih dari yang diharapkan pada bulan April. Sementara itu, laporan dari Universitas Michigan menunjukkan bahwa ekspektasi inflasi konsumen membaik pada akhir Mei setelah mengalami penurunan awal bulan ini.

“Data yang masuk sedikit lebih baik dari yang diperkirakan orang pagi ini. Angka barang tahan lama cukup solid. Sentimen konsumen juga tidak terlalu buruk, lebih baik dari yang diharapkan,” kata Rob Haworth, ahli strategi investasi senior di U.S. Bank Wealth Management di Seattle.

Baca Juga: Dow Jones Berbalik Arah, Nasdaq Catat Rekor Tertinggi Lima Minggu Berturut

“Ini adalah pemulihan di mana orang berpikir mungkin situasinya tidak seburuk yang mereka kira, mungkin ada ruang bagi The Fed untuk memangkas suku bunga dan ekonomi akan baik-baik saja, dan kita tidak sepenuhnya runtuh.”

Indeks Dow Jones Industrial Average (DJI) naik 4,33 poin, atau 0,01%, menjadi 39.069,59. S&P 500 (SPX) naik 36,88 poin, atau 0,70%, menjadi 5.304,72 dan Nasdaq Composite (IXIC) naik 184,76 poin, atau 1,10%, menjadi 16.920,79.

Meskipun mengalami kenaikan pada hari Jumat, Dow Jones menghentikan reli lima minggunya setelah mencatat penurunan persentase harian terbesar dalam lebih dari setahun pada hari sebelumnya.

Untuk minggu ini, Dow Jones turun 2,34%, S&P 500 naik tipis 0,03%, dan Nasdaq naik 1,41%.

Baca Juga: Bursa Saham AS: Berbalik Arah, Nasdaq Catat Rekor Tertinggi Lima Minggu Berturut

Volume perdagangan menurun menjelang libur pasar Memorial Day pada hari Senin.

Saham-saham AS turun pada hari Kamis karena data ekonomi yang menunjukkan peningkatan tekanan harga menurunkan ekspektasi untuk penurunan suku bunga tahun ini dari Federal Reserve. Hal ini mengimbangi hasil kuartalan Nvidia yang mengesankan, yang membantu membenarkan ekspektasi investor terhadap pertumbuhan saham terkait kecerdasan buatan.

Sektor layanan komunikasi menjadi yang terbaik di antara 11 sektor utama S&P dengan kenaikan 1,29%, sementara sektor teknologi dan utilitas masing-masing naik sekitar 1%.

Pasar memperkirakan peluang 49,4% untuk penurunan suku bunga pada pertemuan The Fed bulan September, turun dari 54,8% seminggu lalu, menurut alat FedWatch CME. Goldman Sachs menunda perkiraan pelonggaran pertama mereka menjadi September dari sebelumnya Juli.

Saham-saham berkapitalisasi kecil, yang sensitif terhadap suku bunga, juga pulih, dengan Russell 2000 naik 1,04% setelah turun 1,6% pada hari Kamis.

Saham Workday anjlok 15,33% setelah penyedia perangkat lunak sumber daya manusia tersebut memangkas perkiraan pendapatan langganan tahunan mereka.

Sementara itu, Ross Stores naik 7,89% setelah melaporkan hasil kuartal pertama di atas perkiraan dan menaikkan perkiraan laba tahunan mereka.

Dengan musim laporan keuangan yang sebagian besar telah selesai, 77,9% dari 480 perusahaan di S&P 500 yang telah melaporkan laba melampaui ekspektasi analis, menurut data LSEG. Ini sedikit di bawah rata-rata 79% selama empat kuartal terakhir tetapi di atas rata-rata 67% sejak 1994.

Baca Juga: Bursa Saham AS: Tiga Index Cetak Rekor Tertinggi, Berharap Penurunan Suku Bunga

Isu yang naik jumlahnya lebih banyak dibandingkan yang turun dengan rasio 2,91 banding 1 di NYSE dan rasio 1,85 banding 1 di Nasdaq.

Indeks S&P mencatat 28 tertinggi baru dalam 52 minggu dan enam terendah baru, sementara Nasdaq Composite mencatat 68 tertinggi baru dan 114 terendah baru.

Volume di bursa AS mencapai 10,36 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 12,22 miliar untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×