kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sah, Aneka Gas Industri (AGII) kuasai penuh Samator Gas


Kamis, 20 Desember 2018 / 19:57 WIB
Sah, Aneka Gas Industri (AGII) kuasai penuh Samator Gas
ILUSTRASI. IPO PT Aneka Gas Industri


Reporter: Rezha Hadyan | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII) secara resmi menguasai 99,99% saham PT Samator Gas Industri. Aneka Gas Industri menyerap sisa 24,9% saham Samator Gas Industri yang dimiliki oleh Samator Gas Industri per Senin (17/12).

Sebagai informasi, sebelum menguasai 99,90% saham Samator Gas Industri, Aneka Gas Industri telah menjadi pemegang saham mayoritas sebesar 75%.

Emiten distribusi gas ini resmi membeli saham Samator Gas Industri dengan nilai transaksi sebesar Rp 328,68 miliar atau setara dengan 9,65% dari nilai ekuitas Aneka Gas Industri.

Komisaris Utama Aneka Gas Industri Arief Harsono mengatakan aksi korporasi kali ini ini merupakan langkah alternatif untuk memperluas jaringan distribusi produk.

“Aneka Gas Industri berencana untuk memperluas jangkauan distribusi produk, di mana berawal hanya mendistribusikan ke distributor menjadi kepada distributor dan retailer,” kata Arief dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) Kamis (20/12).

Pada dasarnya baik Aneka Gas Industri maupun Samator Gas Industri bergerak di bidang usaha yang sama yakni distribusi gas. Namun, terdapat perbedaan pada aspek konsumen masing-masing perusahaan.

Aneka Gas Industri medistribusikan produknya kepada distributor lain, sedangkan Samator Gas Industei mendistribusikan produknya langsung kepada retailer.

Berubahnya kepemilikan saham Samator Gas Industri tentunya ikut mengubah struktur permodalan perusahaan tersebut.

Saat ini modal dasar distributor gas yang berbasis di Surabaya ini secara keseluruhan Rp 1 triliun atau sebanyak satu juta saham. Dengan adanya transaksi divestasi ini maka Aneka Gas Industri menguasai 548.784 saham Samator Gas Industri dan Samator Gas Industri hanya menguasai sisanya sebesar 549 saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×