kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saatnya Beli! Harga Saham EXCL Telah Turun 10% Pekan 1 Juli 2022


Senin, 11 Juli 2022 / 07:27 WIB
Saatnya Beli! Harga Saham EXCL Telah Turun 10% Pekan 1 Juli 2022
ILUSTRASI. Saatnya Beli! Harga Saham EXCL Telah Turun 10% Pekan 1 Juli 2022


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga saham PT XL Axiata Tbk (EXCL) turun tajam sepanjang perdagangan pekan pertama Juli 2022. Setelah harga saham EXCL turun tajam, sejumlah analis menilai saat ini adalah waktu tepat untuk beli saham EXCL. Simak alasannya berikut ini.

Harga saham EXCL pada perdagangan Jumat 8 Juli 2022 ditutup naik 1,77% ke level Rp 2.300 per saham. Namun, harga saham EXCL masih ambles 27,44% secara year to date

Pada perdagangan pekan lalu dari 4-8 Juli 2022, harga saham EXCL tercatat turun 270 poin atau 10,51%.

 

Meski harga saham EXCL telah turun banyak para analis memprediksi, EXCL bisa masuk fase bullish jika penguatan saham yang terjadi dalam dua sesi sebelumnya bisa terjaga.

Equity Analyst Kanaka Hita Solvera Raditya Pradana mengatakan, secara sektor, telekomunikasi ini memang masih minim sentimen sehingga belum ada pergerakan yang signifikan akhir-akhir ini pada saham-saham telekomunikasi, termasuk saham EXCL. 

"Dalam time frame daily, EXCL berpotensi create double bottom pattern. Apabila terkonfirmasi, maka akan ada perubahan tren dari bearish menjadi bullish," kata Raditya kepada Kontan, Jumat (8/7).

Baca Juga: Pekan 1 Juli 2022, Harga Saham GOTO Turun, Sekarang Saatnya Jual Atau Beli

Hitungan Raditya saat ini EXCL masih undervalued dengan potensial upside sebesar 56,5%. Dia menyebut di tengah tekanan ini, pelaku pasar dan investor bisa memanfaatkan untuk entry dengan buy on weakness

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana memperkirakan selama EXCL tidak break di bawah level support, maka posisi EXCL diperkirakan masih berpeluang melanjutkan penguatannya. 

"Hal ini terlihat dari Stochastic yang sudah golden cross di area oversold, meskipun MACD masih berada di area negatif," kata Herditya.

Lebih lanjut, Herditya memproyeksikan harga saham EXCL akan uji support di level Rp 2.210 dan resistance di Rp 2.420. Dia merekomendasikan speculative buy untuk saham EXCL ini. 

Teranyar, EXCL mengumumkan akan melakukan penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) alias rights issue. XL Axiata ini bakal melepas sebanyak-banyaknya 2,75 miliar saham. 

Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih menegaskan seluruh hasil rights issue akan digunakan untuk membayar utang. EXCL sendiri tidak punya target dana yang akan dibidik dalam aksi korporasi ini. 

“Tidak ada target untuk jumlah dana yang bisa dihimpun dari aksi rights issue ini. Sesuai keterbukaan informasi 4 Juli 2022, perusahaan berencana untuk menerbitkan saham baru sebanyak 2,75 miliar saham," kata dia kepada Kontan, Rabu (6/7).

Itulah rekomendasi saham EXCL untuk perdagangan hari ini, Senin 11 Juli 2022. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham EXCL di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×