kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Rupiah stagnan pada Rp 14.035 per dolar AS pada Selasa (10/9) pagi


Selasa, 10 September 2019 / 08:23 WIB
Rupiah stagnan pada Rp 14.035 per dolar AS pada Selasa (10/9) pagi
ILUSTRASI. Nilai tukar rupiah

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nilai tukar rupiah stagnan dengan kecenderungan melemah tipis pada awal perdagangan Selasa (10/9). Pukul 8.11 WIB pagi ini, kurs rupiah spot berada di Rp 14.035 per dolar Amerika Serikat (AS).

Posisi rupiah ini melemah Rp 0,50 per dolar AS ketimbang harga penutupan kemarin pada Rp 14.035 per dolar AS. "Stabilitas rupiah belakangan sangat lkuar biasa. Meski ada aliran dividen keluar, pembayaran kupon obligasi dan lainnya yang terjadi hingga beberapa pekan ke depan, upaya untuk menahan pergerakan rupiah tampaknya berhasil," kata Gaurav Gard FX & rates strategist Citigroup dalam catatan yang dikutip Bloomberg.

Baca Juga: Prediksi Kurs Rupiah: Masih Bisa Menguat Terbatas

Frances Cheung, head of Asia macro strategy Westpac memperkirakan, rupiah bisa mencapai level maksimal Rp 14.235 per dolar dalam jangka pendek.

Pergerakan rupiah yang cenderung stagnan ini pun tercermin dari pergerakan mata uang Asia yang bergerak mixed. Sebagian mata uang Asia melemah bersama dengan rupiah, seperti yen, peso, baht, dolar Singapura, dan dolar Hong Kong.

Sedangkan penguatan tampak pada mata uang won, ringgit, yuan offshore, dan dolar Taiwan.

Baca Juga: Perang dagang mereda, harga emas turun lebih dari 3% dalam empat hari

Sementara indeks dolar pagi ini menguat ke 98,38 dari posisi kemarin pada 98,28. Indeks dolar yang mencerminkan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama dunia pun bergerak di rentang sempit antara 98,28 hingga 98,45 sejak pekan lalu.




TERBARU

Close [X]
×