kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Rupiah melemah ke Rp 14.085 per dolar AS mendekati akhir pekan


Jumat, 20 September 2019 / 08:22 WIB

Rupiah melemah ke Rp 14.085 per dolar AS mendekati akhir pekan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Efek pemangkasan suku bunga acuan terhadap penguatan rupiah hanya berlangsung sehari. Pagi ini, kurs rupiah kembali melemah. Jumat (20/9) pukul 8.09 WIB, kurs rupiah spot melemah 0,18% ke Rp 14.085 per dolar Amerika Serikat (AS).

Kemarin, kurs rupiah spot menguat tipis ke Rp 14.060 per dolar AS ketimbang hari sebelumnya Rp 14.067 per dolar AS setelah Bank Indonesia (BI) mengumumkan penurunan suku bunga acuan di bulan ketiga berturut-turut.

Dalam sepekan terakhir, rupiah melemah 0,84%. Ini adalah pelemahan mingguan pertama setelah rupiah menguat dalam empat pekan berturut-turut.

Baca Juga: Selain menggunting suku bunga acuan, ini tiga keputusan BI dalam RDG bulan September

Joseph Incalcaterra, Asean economist HSBC Hong Kong mengatakan, dampak pemangkasan suku bunga terhadap rupiah tipis karena langkah Bank Indonesia ini sudah diprediksikan sebelumnya. 

"Tapi, BI meluncurkan stimulus moneter dan pelonggaran makro-prudensial. Ini menunjukkan upaya untuk mempercepat transmisi pemangkasan suku bunga ke penyaluran kredit bank dan mencerminkan kekhawatiran bank sentral terhadap pertumbuhan," kata Incalcaterra seperti dikutip Bloomberg.

Baca Juga: Prediksi Kurs Rupiah: Akan Bergerak Stabil Karena Minim Sentimen

Pergerakan tipis tampak pada pasar mata uang Asia. Selain rupiah, pelemahan juga terjadi pada peso, dolar Taiwan dan dolar Hong Kong. Sementara mata uang ringgit, yuan, yen, baht, dolar Singapura, dan won menguat terhadap the greenback.

Di sisi lain, indeks dolar menguat setelah kemarin terkoreksi. Indeks yang mencerminkan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama dunia ini berada di 98,29. Dalam sepekan, posisi indeks dolar ini cenderung stabil di sekitar level tersebut.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati
Video Pilihan

Tag

Close [X]
×