kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,96   4,45   0.48%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rupiah lanjut menguat di akhir pekan


Jumat, 24 Februari 2017 / 11:10 WIB
Rupiah lanjut menguat di akhir pekan


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie, Klaudia Molasiarani | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Posisi mata uang Garuda pagi ini (24/2) mencatatkan penguatan. Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 11.00 WIB, nilai tukar rupiah di pasar spot berada di level 13.331.

Dengan demikian, rupiah menguat 0,14% dibandingkan level penutupan kemarin di posisi 13.351 per dollar AS.

Penguatan juga terlihat pada posisi rupiah berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR). Pagi ini, kurs JISDOR rupiah berada di level 13.336 dari posisi sebelumnya 13.360.

Agus Chandra, Research and Analyst Investindo Futures mengatakan, sepanjang pekan ini terkoreksinya dollar disebabkan oleh hasil rapat Federal Open Market Committee (FOMC) yang menyatakan bahwa meski The Fed berpeluang menaikkan suku bunga, namun pihaknya akan berhati-hati sembari menanti kebijakan Trump terkait pajak dan fiskal. Adapun pemilu di Eropa dan keadaan Brexit di Inggris turut mempengaruhi pergerakan rupiah pekan ini.

Selain itu, data fundamental dalam negeri yang menunjukkan tren positif dan sikap Bank Indonesia yang optimistis terhadap pertumbuhan perekonomian semakin menarik dana investor asing. Maklum, rilis neraca perdagangan dan defisit transaksi berjalan juga mencatatkan kinerja yang baik.

Pekan depan, Agus memprediksi mata uang garuda akan melanjutkan tren penguatannya. “Peluang menguat masih ada karena secara fundamental bagus,” katanya.

Namun begitu, pasar juga masih menantikan pidato Trump terkait kebijakan pajak dan fiskal. Adapun pekan depan, akan banyak rilis data perekonomian seperti data Gross Domestic Product (GDP) dan data industri manufaktur Negeri Paman Sam.

Sementara dari sisi domestik, pergerakan rupiah pekan depan akan dipengaruhi oleh rilis data inflasi. “Jika hasilnya bagus, rupiah bakal menguat. Tetapi secara fundamental, ekonomi kita sudah bagus,” imbuhnya.

Dia memprediksi, pergerakan rupiah hari ini, Jumat (24/2) bakal ada di rentang Rp 13.275 per dollar AS hingga Rp 13.400 per dollar AS. (Klaudia Molasiarani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×